Permainan Jadul Ini Sudah Tergantikan Game Online, Kamu Pernah Main yang Mana?

Mukhammad Febrian Fahwa Birri
Ilustrasi

KUDUS, iNews.id - Dulu, anak-anak bermain dengan teman secara langsung. Permainan yang dimainkan-pun beragam. Manfaat dari permainan tersebut dapat menambah ketangkasan, kecerdasan, dan juga kesehatan bagi tubuh maupun otak. 

Mereke seringkali bermain di tanah lapang yang menyediakan udara segar. Meskipun dalam satu lingkungan anak yang sedang berkumpul, tak jarang permainan yang mereka mainkan tidak sama.

Berbagai permainan yang dimainkan juga dapat meningkatkan sosialisasi dan solidaritas, serta menanamkan sikap toleransi pada anak.

Namun, saat ini permainan yang dimainkan anak pada jaman dulu sudah semakin tergeser.  Dengan adanya game online anak-anak jadi lebih sering bermain game dirumah, ketimbang bermain di luar rumah.

Nah, apa saja permainan yang duku sering dimainkan oleh anak-anak, tetapi sekarang sudah mulai punah? Berikut ini penjelasannya.

1. Kelereng (Gundu)

Permainan kelereng sangat banyak jenisnya. Tak heran, setiap daerah memiliki peraturan yang berbeda-beda. Ada yang namanya "koder". Entah apa namanya jika di daerah kalian. Peraturannya, para pemain akan mengumpulkan kelereng yang sudah disepakati kedalam sebuah lingkaran. Kemudian, satu persatu pemain akan mencoba untuk mengeluarkan kelereng tersebut dengan menyentilnya. 

Permainan ini sekarang tergantikan dengan adanya game billiards yang ada di smartphone.

Editor : Achmad Fakhrudin

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network