GROBOGAN,iNewsMuria.id - Seorang warga Purwodadi datangi ruang Informasi Pelayanan dan Pengaduan RSUD dr R Soedjati Purwodadi yang berada di deretan Klinik Rawat Jalan, Sabtu (16/11/2024).
Kedatangannya disambut dua pegawai RSUD Purwodadi dan langsung ditanya keperluannya. Pria berkumis tersebut langsung menanyakan layanan kesehatan yang ada di rumah sakit tersebut.
Setelah dijelaskan mengenai layanan kesehatan yang ada, kembali pria bernama Ahmad Thoyib tersebut menanyakan proses pembayaran atau pembiayaan dari layanan kesehatan tersebut.
"Kebetulan ada tetangga saya lagi sakit namun orangnya ndak mampu. Jadi saya ingin tanya-tanya dulu mengenai prosesnya. Tadi diarahkan ke ruang informasi," jelas warga Purwodadi itu.
Direktur RSUD dr R Soedjati Soemodiardjo Purwodadi dr Edi Mulyanto Sp.S. (Arif Fajar)
Petugas di ruang Informasi Pelayanan dan Pengaduan RSUD dr R Soedjati Purwodadi pun menjelaskan, bahwa pembiayaan bisa dengan BPJS Kesehatan atau dengan Bansos.
"Untuk pasien yang sudah memiliki atau jadi peserta BPJS bisa menggunakannya untuk pembiayaan saat berobat di RSUD dr R Soedjati Purwodadi," terang petugas.
Namun jika tidak memiliki atau bukan peserta BPJS, lanjutnya dan kondisinya tidak mampu nanti ada persyaratannya sendiri dan dapat dibantu dengan bansos.
Petugas juga menjelaskan selain bisa mendatangi ruang Informasi Pelayanan dan Pengaduan RSUD dr R Soedjati Purwodadi, bisa juga melalui hotline RSUD di 0851 0270 3030 atau media sosial milik RSUD Purwodadi.
Direktur RSUD dr R Soedjati Soemodiardjo dr Edi Mulyanto, SpS, mengatakan pelayanan di rumah sakit ada dua hal yakni pelayanan kesehatan dan pelayanan kemanfaatan lainnya.
"Kami mengupayakan semua pelayanan berjalan dengan baik. Pelayanan tersebut juga kami informasikan ke publik sehingga masyarakat mengetahuinya," jelas Edi Mulyanto.
Guna mendukung keterbukaan informasi publik terkait pelayanan di RSUD dr R Soedjati Soemodiardjo, lanjut Edi Mulyanto, pihak RSUD sudah menyiapkan sumber dayanya.
Baik itu sumber daya manusia yang sudah terlatih dalam hal menyampaikan informasi pelayanan kepada masyarakat maupun sarana dan prasarana lainnya. Termasuk media sosial milik RSUD dr R Soedjati Purwodadi.
"Kami juga menyediakan ruang Informasi Pelayanan dan Pengaduan dengan SDM yang terlatih. Ada juga SDM lainnya di pintu-pintu masuk, seperti satpam yang siap memberikan informasi ke pengunjung RSUD," kata Edy Mulyanto.
Tak cukup sampai di situ, RSUD dr R Soedjati lanjut Edy Mulyanto juga memasang banner dan papan informasi di sejumlah unit baik rawat inap, rawat jalan maupun penunjang seperti laboratorium.
"Selain menyiapkan sarana dan prasarana keterbukaan informasi publik, RSUD dr R Soedjati juga menyelenggarakan survei masyarakat untuk mendapatkan umpan balik dari masyarakat mengenai pelayanan kami," tambah Direktur Edi Mulyanto. (*)
Editor : Arif F
Artikel Terkait