Membaca Surat Kartini...

Langgeng Widodo
Ilustrasi.

JEPARA,iMewsMuria.id-Sebanyak 30 ibu dari Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Jepara bergantian membaca surat RA Kartini di serambi belakang Pendapa RA.Kartini Jepara, Senin (30/9/2024) sore.

Pembacaan surat Kartini ini dilakukan dalam peringatan Haul ke-120 RA Kartini yang digagas Penjabat (Pj) Bupati Jepara H Edy Supriyanta dan Yayasan Kartini Indonesia.

Dalam acara tersebut Pj Bupati H Edy Supriyanta yang hadir bersama Ny. Eka Edy Supriyanta terlebih dahulu memanjatkan doa dan tahlil.

Edy Supriyanta mengungkapkan, jika peringatan haul ke-120 RA Kartini ini menjadi media meneladani riwayat perjuangan RA Kartini.

“Ini sangat penting, karena sampai saat ini ada dua permasalahan yang harus kita luruskan sebagai pewaris perjuangan Kartini,” kata Edy.

Pertama yakni simplikasi perjuangan Kartini sebatas Pahlawan Emansipasi. Dan kedua, peran Kartini yang masih dianggap sebatas wacana diantara kemampuan literasi beliau yang sangat baik.

“Dengan kedekatan historis dan geografis, kita pasti mengakui kemasyuran ukiran Jepara yang mendunia adalah bukti perjuangan beliau,” ungkapnya.

Selain itu, RA Kartini juga berperan penting dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia, khususnya melalui pendidikan kaum wanita. RA Kartini meyakini bahwa peradaban manusia Indonesia akan semakin maju apabila kaum perempuan diberi kesempatan hak untuk memperoleh pendidikan dan memegang peranan sebagai ibu bangsa.

“Sebagai pewaris dan keturunan ideologis Kartini saya mengajak, mari teladani semangat dan nilai-nilai perjuangan beliau dalam mengatasi permasalahan bangsa,” pungkasnya.(*)

Editor : Langgeng Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network