Fraksi Sampaikan Pemandangan Umum Atas RAPBD Perubahan, Anggaran di Disdik Grobogan Jadi Sorotan

Arif Fajar
Anggota DPRD Grobogan menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum mengikuti rapat paripurna di gedung Dewan setempat, Senin (2/9/2024). (dok Humas DPRD Grobogan)

GROBOGAN,iNewsMuria.id - Anggaran untuk Pembinaan Bakat dan Minat Siswa di Dinas Pendidikan (Disdik) Grobogan menjadi sorotan Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (FPPP) dalam rapat paripurna DPRD, Senin (2/9/2024).

Juru Bicara FPPP Amin Rois Abdul Ghoni menyampaikan, ada sembilan kegiatan terkait bakat dan minat siswa. Yakni O2SN,  FLS2N, OSN, Perpustakaan, UKS, FTBI, Story Telling, Mapsi dan Sekolah Sehat. 

"Namun anggaran yang disediakan Disdik terlalu kecil hanya Rp120 juta, padahal tingkatannya dari kecamatan hingga nasional. Ini tentu akan membebani sekolah dan orang tua siswa yang berprestasi," jelas Amin Rois.

Padahal lanjutnya, siswa dan sekolah dari Kabupaten Grobogan telah berprestasi di tingkat nasional. Yang terbaru Jose Alfin Sebastian, siswa SDN 4 Purwodadi yang meraih emas dari cabor karate di O2SN.

"Fraksi PPP berharap kepada Dinas Pendidikan Grobogan untuk meningkatkan anggaran Pembinaan Bakat dan Minat Siswa," kata Amin Rois. 

Kemudian Fraksi Karya Demokrat melalui juru bicaranya, H Bukhori menyoroti mengenai Sub. Kegiatan pengelolaan Dana BOS Sekolah Dasar setelah perubahan berkurang sebesar Rp1.325.000.000.

Sebelum perubahan anggarannya sebesar Rp1.825.000.000, sehingga menurut Bukhoris, ada penurunan sebesar Rp500 juta yang dipergunakan untuk Belanja Hibah.

"Fraksi Karya Demokrat mohon penjelasan alasan  atau pertimbangan  pengurangan belanja Hibah tersebut," kata Bukhori.

Sementara Fraksi PDI Perjuangan melalui juru bicaranya Erin Vincia Dora mempertanyakan anggaran pada Sub Kegiatan Rehabilitasi sedang/berat Ruang Guru/Kepala Sekolah/TU.

Di mana sesudah perubahan menutur Erin Vincia, bertambar sebesar Rp482.639.310 dari sebelum perubahan sebesar Rp10.437.049.600 sehingga menjadi  sebesar Rp10.919.688.910.

"Fraksi PDI Perjuangan meminta penjelasan sekolah ruang guru/kepala sekolah/TU mana saja yang akan di renovasi," kata Erin Vincia Dora.

Selanjutnya Fraksi Hanura melalui juru bicara Sofiatul Mudhakiroh menyoroti anggaran pada Sub Kegiatan Pengadaan Perlengkapan Sekolah dalam Perubahan  APBD TA 2024 direncanakan sebesar Rp122.586.500 dari anggaran pada penetapan sebesar Rp0.

"Mohon penjelasan, rinciang penggunaan anggaran tersebut, untuk perlengkapan sekolah apa saja, serta sekolah mana yang mendapatkan perlengkapan sekolah dimaksud," ujar Sofiatul. (*)

Editor : Arif F

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network