Kejar Target 70% Vaksinasi, Galakkan Vaksin Jemput Bola, Prioritaskan Lansia

Ade Achmad Ismail
Petugas melakukan tensi darah sebelum melakukan vaksinasi. (Foto: Ade Achmad Ismail)

Kudus, iNewsMuria – Kabupaten Kudus sedang menggencarkan target vaksinasi masyarakat menuju 70%. Beberapa cara akan ditempuh untuk memenuhi target untuk menciptakan Herd Immunity tersebut. Salah satu kegiatannya adalah penggalakan vaksinasi jemput bola untuk lansia di seluruh kecamatan di Kabupaten Kudus. Kegiatan tersebut di lakukan gabungan oleh beberapa instansi, yakni, Polsek Mejobo, Kodim Mejobo, Puskesmas di Wilayah Mejobo dan beberapa instansi lain, Jumat (18/2/2022).

Kegiatan tersebut dilakukan dengan menyisir seluruh kampung di Kecamatan Mejobo dengan membentuk 2 TIM. Satu Tim berada di RW 1 dan lainnya di sekitar RW 3. Koordinatir kegiatan, AKP Cipto, yang juga Kapolsek Mejobo, mengatakan jika kegiatan tersebut sudah berjalan mulai hari Senin lalu. “Ini sudah menjadi gerakan nasional dan langsung diinstruksikan oleh Kapolri,” jelasnya.

AKP Cipto juga mengatakan jika kegiatan hari ini difokuskan kepada lansia. Menurutnya, selain lansia yang di vaksin di Kudus masih rendah, lansia juga termasuk golongan rentan. “Biasanya banyak faktor yang melatarbelakangi, ada yang belum sempat diantar, banyak menderita sakit atau bahkan tidak sedikit yang mempunyai komorbit,” imbuhnya ketika ditanya mengapa lansia yang divaksin masih rendah di Kudus.


Salah seorang warga memiliki tensi darah yang tinggi, sehingga tidak dapat di vaksin

Meskipun pada kegiatan ini beberapa lansia ada yang tidak bisa divaksin lantaran masih sakit atau memiliki tensi darah yang tinggi. Menurut data yang dihimpun, Kecamatan Mejobo per hari ini, telah mencapai presentase 68.9% untuk lansia yang sudah di vaksinasi. Hal tersebut akan terus dikejar untuk mencapai target. “Harapannya agar bisa 70% sudah divaksin, untuk menciptakan suasana yang lebih baik,” pungkasnya.

Editor : Ade Achmad Ismail

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network