Rayakan Ultah ke-30, Staccato Squad Berkomitmen jadi Wadah Bakat Seni Anak-anak di Pelosok Wonogiri

Klasik Herlambang
Anggota sanggar seni Staccato Squad sedang membawakan tarian hasil kreasi sanggar tersebut (Klasik H)

WONOGIRI, iNewsMuria.id - Acara meriah digelar sanggar seni Staccato Squad dalam perayaan ulang tahunnya yang ke-30 pada Rabu 1 Mei 2024.

Dalam acara yang digelar di GOR Sinar Lestari Jatisrono Kabupaten Wonogiri tersebut, puluhan anggota Staccato Squad saling unjuk gigi menampilkan talenta mereka.

Di usianya yang sudah tidak muda, Staccato Squad memang telah menjadi wadah bagi bakat-bakat seni sejak berdirinya pada tahun 1994. 

Didirikan dengan semangat dan idealisme oleh Antonius Pujianto atau yang akrab disapa Anton Gersang, sanggar seni ini bukan hanya tentang mengejar keunggulan dalam seni, tetapi juga tentang mengembangkan mental yang kuat di atas panggung. 

"Juara itu bukanlah sebatas memenangkan sebuah perlombaan. Lebih dari itu, juara yang sejati adalah kemenangan atas diri sendiri. Di mana kita bisa mengalahkan kemalasan, rasa tidak pervaya diri dan hal-hal buruk lain dalam diri kita," jelas Anton saat ditemui di sela-sela acara.

Nama "Staccato" sendiri dalam musik memiliki arti irama yang menghentak-hentak. 

Dengan tambahan kata "Squad" yang berarti pasukan, maka nama ini mencerminkan semangat yang ditanamkan pada setiap anggota, di mana mereka diajarkan untuk tidak takut menerima kritik, mengakui kelemahan, agar bisa diperbaiki ke depannya.

"Senjata utama seorang seniman di atas panggung adalah kekuatan mental. Suara indah yang dimiliki tidak hanya ditentukan oleh keahlian vokal, tetapi juga oleh kemampuan seseorang untuk mengendalikan diri dan menguasai penonton dengan keindahan suaranya," imbuh Anton.

Staccato Squad menjadi sarang bagi bakat-bakat terpendam, yang dengan bimbingan dari Anton Gersang mampu berkembang menjadi bintang-bintang seni yang bersinar terang.

Dan di usianya yang ke-30, Anton memiliki visi besar untuk masa depan Staccato Squad. Ia berkeinginan untuk membuka cabang-cabang baru di pelosok-pelosok Wonogiri.

Menjalankan filosofi Jawa bahwa orang makan jenang (bubur) itu dari tepinya, hal itu pula yang akan dilakukan oleh Anton Gersang untuk mengembangkan Staccato Squad.

"Ke depan saya akan jemput bola dengan menyisir pelosok-pelosok daerah, untuk mencari bakat-bakat terpendam yang bisa dikembangkan. Untuk itu saya berencana membuka cabang-cabang baru di berbagai tempat, agar dapat mendekatkan Staccato kepada anak-anak berbakat di daerah terpencil," ungkapnya.

Bagi Anton, perayaan ulang tahun ke-30 Staccato Squad akan menjadi tonggak bersejarah, yang tidak hanya merayakan prestasi masa lalu, tetapi juga menandai komitmen untuk terus berkembang dan menginspirasi generasi mendatang. 

"Sejauh ini sudah ada kesepakatan dengan beberapa orang tua serta dinas pendidikan, yang nantinya akan mengundang kami untuk menjembatani anak-anak berbakat yang ada di pelosok, agar talentanya berkembang. Semoga akan semakin banyak bakat-bakat terpendam yang bisa tergali dengan apa yang kami lakukan," pungkas Anton. (*)

Editor : Langgeng Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network