35 Wirausaha Finalis Hetero for Startup Season 3 Dapat Pendampingan dan Bertemu Investor

Langgeng Widodo
Hetero for Startup Season 3 di Semarang.

SEMARANG,iNewsMuria.id-Sebanyak 35 pelaku wirausaha dari berbagai daerah terpilih dan mengikuti Sesi Investors Meet & Networking serta malam penghargaan Hetero for Startup Season 3 di Semarang.

Para finalis itu diberi pendampingan hingga berkesempatan berjejaring dengan investor, baik swasta maupun pemerintah, serta jejaring komunitas lokal di wilayah masing-masing.

Sebelumnya, acara season ketiga itu telah dibuka Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Teten Masduki pada 2 Febuari 2023.

Program Hetero for Startup adalah sebuah gerakan pemberdayaan kewirausahaan sebagai wadah untuk membantu wirausaha mengakselerasi bisnisnya.

"Program Hetero for Startup sudah diadakan tiga kali sejak 2020," kata Projects Leader Program Hetero for Startup Season 3, Agung Prambudi, dalam Investors Meet & Networking, Rabu (16/8/2023).

Dia menjelaskan, Hetero for Startup Season 3 berhasil menarik minat para pelaku wirausaha. Total ada 2.087 peserta dari berbagai daerah di Indonesia yang mendaftar ketika program itu dibuka pada Februari 2023. 

"Setelah proses pendaftaran, ada proses tahapan belajar mandiri. Dari total 2.087 peserta, kami kurasi menjadi 700 peserta," kata Agung. 

Setelah tahapan belajar mandiri, terdapat 35 finalis yang berhasil lolos ke tahap selanjutnya. Para finalis yang lolos dari berbagai daerah di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Nusa Tenggara Barat (NTB). 

“Setelah dinyatakan lolos, para finalis menjalani mentoring secara online. Selain itu, juga ada tahapan untuk membedah bisnis mereka, seperti laporan keuangan dan pengelolaan sumber daya," imbuhnya. 

Peserta yang mengikuti kegiatan Hetero for Startup Season 3 dipilih berdasarkan beberapa kategori usaha seperti teknologi, kesehatan, agrikultur, kreatif dan fashion and craft. "Kali ini peserta didominasi fashion and craft dan teknologi," ujar dia. 

Program Hetero for Startup Season 3 juga didukung oleh Pemerintah Provinsi Jateng dan Kemenkop dan UKM. Ke depan, dia berharap pemerintah dapat terus mendampingi program yang bisa mengembangkan para pelaku wirausaha yang mengikuti acara Hetero for Startup.

Selain itu, penyelenggara uga mengapresiasi PT HM Sampoerna yang konsisten mendukung inisiatif ini selama tiga tahun terakhir melalui payung Program Keberlanjutan “Sampoerna Untuk Indonesia” (SUI) dan berkolaborasi dengan program pemberdayaan UMKM Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC).

Menurutnya, dukungan itu cukup penting. "Sampoerna tentu punya pengaruh yang besar karena bisa membantu program kewirausahaan di Indonesia," kata Agung.(*) 

Editor : Langgeng Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network