TPID Solo Sidak di Pasar Gede, Stok Kebutuhan Pangan Masih Oke

Langgeng Widodo
Sidak TPID di Pasar Gede Solo, Jumat (30/12/2022).

SOLO,iNewsMuria.id-Stok kebutuhan pangan di Pasar Gede untuk kebutuhan tahun baru masih tetap oke, artinya relatif aman.

Demikian juga dengan harga, juga relatif stabil. Bahkan dibanding tahun lalu, harga-harga sejumlah bahan pokok ada yang turun.

Itulah hasil pantauan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Surakarta di pasar tersebut, Jumat (30/12/2022).

Tim terdiri dari Wakil Ketua TPID Kota Solo, Nugroho Joko Prastowo, Wakil Wali Kota Teguh Prakosa, Kepala Dinas Perdagangan Heru Sunardi, Kapolresta Kombes Pol Iwan Sektiadi dan sejumlah instansi lain.

Selain  Pasar Gede, TPID juga melakukan pantauan harga di Pasar Legi dan pusat perbelanjaan modern / mall di Solo.

"Akhir Desember ini harga membaik, jadi kita optimis inflasi Desember pada tahun ini jauh lebih kokoh ketimbang Desember tahun lalu,” kata Joko kepada wartawan.

" Harga ayam dari Rp 32 ribu jadi Rp 30 ribu/kg, beras yang sebelumnya naik Rp 500 yang premium Rp 1000 sekarang sudah kembali lagi," katanya memberi contoh.

Lebih lanjut Joko mengatakan, stok sejumlah bahan pokok yang masih aman itu tak terlepas dari antisipasi seperti ketersediaan pasokan maupun distribusi sebelum libur Natal dan Tahun Baru. Stok aman, karena kepedulian atau awareness dalam inflasi terus diserukan.

"Setiap Senin masih ada rapat koordinasi dengan Kemendagri. Jadi semua aware dengan pasokan, distribusi, itu yang membuat Desember tahun ini lebih bagus dibandingkan Natal Tahun Baru tahun lalu,” ujar kepala kantor perwakilan Bank Indonesia Solo itu.

Dikatakan, sejauh ini permintaan bahan pokok di sejumlah pasar di Solo tinggi seiring banyaknya pendatang dari berbagai daerah. Kendati demikian pihaknya menjamin ketersediaan bahan pokok aman.

“Permintaan Solo tetap tinggi wong banyak yang ke Solo, pelat nomor mobil yang di jalanan itu banyak yang dari luar kota, tapi kita siap," pungkasnya.(*)

Editor : Langgeng Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network