Semangati Para Mahasantri Ma'had Aly Yanbu'ul Qur'an Kudus Melalui Karya KH Arwani Amin

Achmad Fakhrudin
Tesis mahasiswa Al Azhar dibedah, mengkaji karya ulama kharismatik Kudus, Simbah KH Arwani Amin.

Dr. Agus Salim menyampaikan kesannya terhadap Kitab Faidh al-Barakat fi Sab' al-Qiraat karya Mbah Arwani. "Setelah saya teliti secara serius, saya mencapai kesimpulan bahwa Mbah Arwani itu adalah ulama pertama di dunia yang menulis kitab tentang Jam'ul Qiraat Sab'ah mulai Surat Al Fatihah sampai Surat An Nas secara lengkap. Bahkan, saat saya mengajukan judul tesis tentang kitab Faidh al Barakat fi Sab' al Qiraat ini, dosen-dosen di Al Azhar sangat antusias, dan langsung menerima judul saya," terang dia.

padahal, lanjutnya, "pengajuan judul tesis di Al Azhar terkenal sangat sulit. Saya yakin dan merasakan betul bahwa Kitab Faidh al-Barakat ini penuh berkah. Setelah saya selesai menulis tesis, setidaknya ada tiga mahasiswa Al Azhar yang melanjutkan riset saya tentang Kitab Faidh al-Barakat karya Mbah Arwani. Satu dari Indonesia dan dua dari Mesir," ujarnya.

Dr Agus salim juga memberikan apresiasi atas berdirinya Ma'had Aly Yanbu'ul Qur'an yang memiliki konsentrasi di bidang Ilmu Al Qur'an khususnya Ilmu Qiraat. Menurutnya, sangat layak bagi para mahasantri Ma'had Aly Yanbu'ul Qur'an yang seluruhnya merupakan penghafal al Qur'an, untuk mengkaji Ilmu Qiraat baik secara teori (nadhariyyah) maupun praktik (tathbiqiyyah).

Tak sampai disitu, ia juga menyampaikan pentingnya mengaji secara Musyafahah, serta meyakini bahwa apa yang telah diajarkan dalam Musyafahah al Qur'an secara riwayat turun temurun dari para Kiai di Pondok Tahfidh Yanbu'ul Qur'an ini semuanya adalah benar dan memiliki sumber yang kuat.

"Keilmuan yang didapatkan di Pondok Tahfidh Yanbu'ul Qur'an ini bagi saya merupakan keilmuan yang sangat inti. Apalagi, sekarang sudah ada Ma'had Aly yang desain kurikulumnya sama persis dengan jurusan Qiraat di Al Azhar Mesir. Dan Ma'had Aly Yanbu'ul Qur'an ini merupakan satu-satunya perguruan tinggi di dunia yang mensyaratkan hafal al Qur'an bagi para calon mahasiswanya. Jadi panjenengan semua harus bersyukur termasuk dalam bagian santri Yanbu'ul Qur'an. Keilmuannya, sanadnya, sumbernya jelas," pungkasnya menyemangati mahasantri Ma'had Aly Yanbu'ul Qur'an.

Editor : Achmad Fakhrudin

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network