get app
inews
Aa Read Next : Terobos Perlintasan Sebidang, Seorang Petani di Grobogan Meninggal Tertabrak KA Joglosemarkerto

Manfaat Buah Kawis, Dari Mengobati Diare Hingga Mencegah Kanker, Ini Pengalamanku...

Jum'at, 15 Maret 2024 | 09:13 WIB
header img
Buah kawis (limonia acidissima)

LASEM,iNewsMuria.id-Saat aku bertandang ke Lasem Kabupaten Rembang, aku disuguhi segelas minuman berwarna merah tua oleh kolega. Tanpa banyak tanya, langsung kutenggak minuman itu.

Setelah lidahku merasa asing, aku baru tanya. "Bro, minuman apa ini kok enak, aromanya juga enak," tanyaku sambil mengangkat gelas yang tinggal separo, isinya.

"Itu minuman khas Rembang, namanya sirup kawis, di tempat nggak ada," kata kolega.

"Masak minuman kayak gini aja di tempat lain nggak ada, yang bener aja," tanyaku penasarn.

"Bocah kok ngeyel, ora percoyonan, buktikan saja, coba nanti cari di tempat lain. Namanya sirup buah kawis," tandasnya.

"Yo wis nak ngono, opo ono sing iso takgowo bali, ora," kataku sambil tertawa.

"O, dasar. Omong wae nak njaluk, Dul. Ora usah kemaki. Di belakang masih ada dua botol, yang satu bisa kamu bawa pulang," kata kolega.

"Makasih, bro... Mengko tak pamerne wong omah," kataku.

Itulah kali pertama aku mengenal sirup buah kawis beberapa tahun lalu. Begitu minum, aku terpesona, langsung suka. Bahkan orang rumah pun, ora tak bagei, mung tak pameri.

Suatu ketika saat aku main di Kudus, aku diajak teman mampir di pusat oleh-oleh. Di situ aku melihat sirup kawis, tapi ada juga yang bisa langsung diminum dalam kemasan botol, seperti limun. Seketika itu juga aku beli tiga botol sirup dan 6 botol minuman kawis.

"Kok di sini ada minuman dan sirup kawis, mbak. Bukanya yang jual biasanya di Rembang, mbak," tanyaku.

"Di Kudus, kelihatanya yang jual hanya di sini. Karena banyak pembeli yang tanya, aku lari ke Rembang untuk kulakan dan syukurlah dapat. Ini hanya untuk memenuhi permintaan pelanggan biar nggak kecewa," kata penjual.

Setelah kubaca literatur, ternyata buah kawis tidak hanya enak tapi juga unik. Buah kawis mengandung beragam kandungan nutrisi dan mineral, seperti protein, lemak, karbohidrat, serat, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, fosfor, magnesium, kalsium, zat besi, selenium, zinc, dan antioksidan.

Tanaman buah kawis atau kawista (limonia acidissima) berasal dari India dan Sri Lanka. Namun, buah ini juga dibudidayakan di beberapa negara Asia Tenggara. Di Indonesia, buah ini banyak dibudidayakan di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Buah yang memiliki rasa asam manis ini dapat dikonsumsi secara langsung, dijadikan minuman yang dicampur dengan gula, atau dijadikan sirup. Selain itu, buah ini juga diolah menjadi jus, es krim, selai, ataupun puding.

Dengan berbagai kandungan yang ada, berikut manfaat buah kawis yang bisa diperoleh :

1. Mengobati Diare
Buah kawis bisa digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk mengobati diare. Manfaat buah kawis untuk mengatasi diare dari kandungan zat tanin. Tanin adalah antioksidan yang dapat membentuk endapan protein di usus. Endapan itu mampu mencegah penyerapan zat beracun penyebab diare.

2. Mengobati Disentri
Selain bisa mengurangi frekuensi buang air besar, kandungan nutrisi buah kawis juga bisa mengobati salah satu penyebab diare, yaitu disentri. Disentri adalah infeksi pada usus yang menyebabkan diare yang disertai feses berdarah atau berlendir.

Mengonsumsi buah kawis dapat membantu mengobati disentri karena adanya kandungan vitamin A, vitamin C, selenium, dan zinc. Vitamin C pada buah kawis memiliki peran penting dalam mengobati disentri karena memiliki efek antibakteri.

3. Mengobati Sakit Tenggorokan
Sakit tenggorokan bisa disebabkan radang akibat infeksi virus atau bakteri. Saat mengalami kondisi ini, Anda bisa mengonsumsi vitamin C untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga infeksi bisa teratasi dan keluhan bisa mereda. Buah kawis mengandung vitamin C walau tidak setinggi buah yang lain.

4. Mencegah Diabetes
Selain membantu mengobati beberapa penyakit di saluran pencernaan, buah kawis juga dikaitkan dengan fungsinya menurunkan risiko terjadinya penyakit diabetes. Ini karena kandungan flavonoid di buah kawis berperan dalam penyerapan glukosa sehingga gula darah lebih stabil.

5. Mencegah Penyakit Jantung
Selain mencegah diabetes, buah kawis juga punya manfaat mencegah terjadinya penyakit jantung. Hal ini juga disebabkan oleh kandungan flavonoid dalam buah kawis yang berperan mengurangi kadar kolesterol jahat.

Penurunan kadar kolesterol jahat berkaitan erat dengan berkurangnya risiko penumpukan plak yang bisa menyumbat pembuluh darah. Dengan begitu, risiko terjadinya penyakit jantung juga bisa berkurang.

6. Mencegah Kanker
Buah kawis mengandung antioksidan yang diketahui bisa menangkal efek paparan radikal bebas. Inilah alasan mengapa buah kawis sering digadang-gadang bisa mencegah kanker.

Itulah beberapa manfaat buah kawis untuk kesehatan. Akan tetapi, efektivitas buah kawis untuk mengobati dan mencegah berbagai penyakit di atas masih memerlukan penelitian lebih lanjut.(*) 

Editor : Langgeng Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut