get app
inews
Aa Read Next : Beri Edukasi Pemanfaatan Teknologi Digital, Aksesmu Gelar Temu Pedagang se Solo Raya

Luncurkan Internet Desa, Nana Sujana : Ini Program Prioritas Percepatan Transformasi Digital

Kamis, 25 Januari 2024 | 20:41 WIB
header img
Peluncuran Program Internet Desa di Gedung Gradhika Bakthi Praja komplek kantor Gubernur Jawa Tengah, Kamis (25/1/2024).

SEMARANG,iNewsMuria.id-Telkom Regional IV Jateng-DIY bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah meluncurkan program Internet Desa di gedung Gradhika Bakthi Praja komplek kantor Gubernur Jawa Tengah, Kamis (25/1/2024).

Peluncuran dilakukan Penjabat Gubernur Nana Sudjana didampingi Ketua Majelis Ulama Indonesia Jawa Tengah KH Ahmad Daroji, Kepala Dinas Kominfo Jawa Tengah Riena Retnaningrum, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi Ema Rachmawati bersama Executive Vice President Telkom Regional IV Fera Pebrayenti.

Penjabat Gubernur Nana Sudjana mengatakan, Internet Desa merupakan program prioritas Jawa Tengah terkait langkah percepatan transformasi digital dan pengembangan layanan publik dengan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) untuk pengembangan pariwisata dan peningkatan daya saing UMKM di sektor ekonomi kreatif yang dikolaborasikan dengan internet desa.

“Artinya, internet ini diharapkan dapat digunakan untuk lebih meningkatkan komunikasi, promosi produk UMKM dan pariwisata di Jawa Tengah," tambah Nana Sudjana.

Dalam kesempatan itu, Fera mengatakan, salah satu upaya untuk menyejahterakan masyarakat Jawa Tengah adalah dengan layanan internet yang mumpuni dan tersebar luas sampai ke pelosok desa. 

Mengingat perkembangan zaman digitalisasi saat ini, setiap aktivitas sangat dipengaruhi oleh yang namanya Internet, terutama pada saat ini pasca pandemi covid di mana percepatan digitalisasi lebih cepat 5 tahun dari yang diperkirakan sebelumnya.

“Digitalisasi tidak bisa tidak kita sandingkan dengan yang namanya internet sebagai media untuk terhubung secara lebih luas dalam mendapatkan informasi, atau memudahkan pekerjaan, atau semudah membeli makanan melalui aplikasi seperti Gojek atau Grab. Bahkan saat ini kita sudah sering menggunakan Big Data dan AI (Artificial Intelligence) Technology," ujar Fera dalam sambutannya.

Mengangkat tema "Jadikan Desa berbasis IT", ke depan Program Internet Desa 2024 diharapkan dapat menjangkau semakin banyak lagi desa yang akan memperoleh jaringan internet. Adapun Desa Wisata dan UMKM adalah salah satu sasaran yang akan memberikan dampak ekonomi besar terhadap Jawa Tengah.(*) 

Editor : Langgeng Widodo

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut