get app
inews
Aa Read Next : Rel Terendam Banjir, KAI Lakukan Pembatalan dan Rekayasa Perjalanan KA

PT KAI Luncurkan Kereta Ekonomi New Generation di KA Jayabaya, Perjalanan Lebih Nyaman

Jum'at, 29 September 2023 | 17:06 WIB
header img
KA Jayabaya relasi Pasarsenen - Semarang Poncol - Malang PP menggunakan kereta ekonomi New Generation demi kenyamanan pelanggan PT KAI. (Istimewa)

GROBOGAN,iNewsMuria.id – HUT ke 78 PT Kereta Api Indonesia (Persero) meluncurkan kereta ekonomi New Generation yang dirangkaian pada KA Jayabaya relasi Pasarsenen - Semarang Poncol - Malang pp.

“Peluncurannya pada Selasa (26/9/2023), merupakan bagian dari rangkaian HUT ke 78 KAI yang jatuh pada 28 September dengan tema “Dengan Semangat Bersatu, Menuju KAI Baru, Untuk Indonesia Maju,” kata  Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Ixfan Hendri Wintoko dalam rilis Jumat (29/9/2023). 

Kereta ekonomi New Generation yang baru diluncurkan, lanjut Ixfan, memiliki 72 tempat duduk dari semula 80 tempat duduk, dengan formasi 2-2, sehingga leg room  di setiap baris kursi menjadi lebih luas. 

Tak hanya itu, tambah Ixfan, jenis kursinya juga sudah menggunakan tipe captain seat sehingga pelanggan nyaman saat bersandar. Kursi bisa diatur kemiringannya (reclining) serta bisa disesuaikan searah laju KA atau pun berhadapan (revolving).

Selain itu interior kereta ditambahkan Public Information Display System (PIDS) yang dapat menampilkan jam dan suhu. Interiornya juga mirip dengan kereta eksekutif seperti bentuk bagasi dan nuansa interior yang lebih cerah. 

“Kenyamanan pelanggan juga diperhatikian dengan adanya toilet duduk dengan nuansa yang lebih mewah. Tersedia juga tempat ibadah di kereta restorasi,” kata Ixfan.


Formasi kursi 2-2 di dalam kereta ekonomi New Generation yang dirangkaikan KA Jayabaya Pasarsenen - Malang. (Istimewa)

KAI menurut Ixfan secara konsisten terus beradaptasi memenuhi harapan masyarakat untuk meningkatkan kenyamanan pada kereta ekonomi. Kereta ekonomi New Generation ini diharapkan mampu menjawab masukan dari para pelanggan KA.

“Sehingga dengan keberadaan kereta ini dapat meningkatkan animo masyarakat dalam menggunakan kereta api kelas ekonomi,” tambah Ixfan.

Saat ini ada 12 kereta ekonomi yang telah berhasil dimodifikasi di Balai Yasa Manggarai sejak April 2023. Dengan dioperasikannya kereta ekonomi New Generation, maka stamformasi KA Jayabaya menjadi 4 kereta eksekutif (K1), 5 kereta ekonomi new generation (K3 NG) dan 1 kereta makan pembangkit (MP3).

Adapun jadwal perjalanan KA Jayabaya relasi Pasarsenen - Semarang Poncol - Malang yaitu berangkat dari Pasarsenen pukul 17.25, berangkat Semarang Poncol pukul 23.49 dan tiba di Malang pukul 06.20. 

Untuk relasi Malang - Semarang Poncol - Pasarsenen, berangkat dari Malang pukul 12.30, berangkat Semarang Poncol pukul 19.16 dan tiba di Pasarsenen pukul 01.38.

"KAI akan terus memperbanyak modifikasi kereta. Harapannya, minat masyarakat semakin besar untuk menggunakan transportasi massal kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan tepat waktu,” kata Ixfan. (*)

Editor : Arif F

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut