get app
inews
Aa Read Next : 38 Bintara Polri Yang Bertugas di Polres Grobogan Naik Pangkat, Mulai Briptu Hingga Aiptu

Aksi di Depan KPU Grobogan Ricuh, Dalmas dan Water Canon Dikerahkan Bubarkan Massa

Senin, 25 September 2023 | 10:59 WIB
header img
Aksi massa berakhir ricuh, water canon dikerahkan untuk membubarkan massa dalam simulasi Sispamkota pengamanan Pemilu 2024, di Purwodadi, Grobogan, Senin (25/9/2023). (Arir F)

GROBOGAN,iNewsMuria.id - Suasana di Jl Jenderal Sudirman Purwodadi arah ke KPU Grobogan tegang, aksi  yang semula berlangsung damai berubah memanas seiring bertambahnya massa, Senin (25/9/2023).

Tim negoisator dari Polwan Polres Grobogan yang mencoba melakukan nogoisasi dengan peserta aksi tak mampu membendung massa yang mulai bertindak anarkis.

Dalmas yang diturunkan untuk mengamankan aksi mengerahkan unit satwa guna menghalau massa yang semakin bertambah jumlahnya. Salah satu provokator terpaksa diamankan.

Upaya meredam massa oleh anggota Dalmas Polres Grobogan dibalas dengan lemparan dari arah peserta aksi. Bahkan mereka mulai merusak fasilitas umum yang ada di lokasi.

Situasi semakin tak terkendali massa mulai melakukan aksi pembakaran. Sejumlah orang pun menjarah barang-barang di pertokoan dekat kantor KPU Grobogan di Purwodadi.
 
Polisi didukung berhasil mengamankan situasi. Polisi terpaksa menembakkan peluru tajam ke perusuh. Satu orang meninggal, jenazah dibawa tim Inafis dan Dokes Polres Grobogan ke RSUD Purwodadi.

Para perusuh dan penjarah berhasil diamankan. Situasi keamanan dan ketertiban di Grobogan berangsur pulih. Polri bersama TNI melakukan patroli bersama dan memberikan penyuluhan ke masyarakat.

Menurut Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawab aksi massa yang berhasil dikendalilan merupakan kegiatan simulasi Sispamkota dalam rangka kesiapan pengamanan  Pemilu 2024 di Kabupaten Grobogan.

"Kegiatan ini digelar serentak di seluruh Polres jajaran Polda Jawa Tengah untuk kesiapan pengamanan Pemilu 2024 yang akan dilaksanakan tinggal beberapa bulan lagi," kata Kapolres Grobogan seusai simulasi di sekitar Alun Alun Purwodadi.

Kegiatan ini lanjut Kapolres Grobogan ditujukan untuk menampilkan kekuatan dari personil Polres Grobogan dalam  pengaman Pemilu 2024 terutama tahapan per tahapan sehingga personil siap dalam menghadapi apabila ada eskalasi eskalasi di lapangan.

"Ini kita latih agar anggota tetap profesional dan tahu aturan apabila ada rusuh masa.
Ini dilaksanakan serentak di Polda Jateng, dan ini bentuk kesiapan dari kami Polres Grobogan dalam mengamankan gelaran Pemilu 2024 nanti," tambah AKBP Dedy Anung Kurniawan. (*)

Editor : Arif F

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut