get app
inews
Aa Read Next : Tragis, Bocah Balita Tenggelam di Sungai Tuntang Kedungjati Grobogan

Warga Geyer Grobogan Meninggal Saat Kuras Sumur, Proses Evakuasi Berlangsung Dramatis

Rabu, 06 September 2023 | 17:29 WIB
header img
Proses evakuasi warga Desa Monggot, Kecamatan Geyer, Grobogan yang meninggal saat menguras sumur, Rabu (6/9/2023). (Istimewa)

GROBOGAN,iNewsMuria.id - Seorang pria berusia 64 tahun meninggal dunia saat menguras sumur milik warga di Dusun Jeruk RT 07, RW 06, Desa Monggot, Kecamatan Geyer, Grobogan, Rabu (6/9/2023).

Keterangan dari Kapolsek Geyer AKP Sunarto, korban diketahui bernama Jasmo, warga setempat yang saat kejadian sedang menguras sumur bersama Suwarto (68). Sumur tersebut milik Parjono. Selama ini Jasmo dikenal sebagai tukang kuras sumur.

Menurut Kapolsek Geyer, awalnya Jasmo bersama Suwarto menguras air sumur menggunakan mesin pompa air. Setelah 15 menit, mesin tidak bisa memompa air keluar, sehingga korban berinisiatif masuk ke dalam sumur yang kedalamannya sekitar 9,12 meter.

Dengan menggunakan tangga tali, korban masuk ke dalam sumur kemudian memasukan sisa air dalam sumur ke ember untuk ditarik keluar oleh saksi Suwarto. Namun baru 15 menit, korban berteriak kepada saksi kalau mau naik.

"Keterangannya korban naik mau istirahat, kemudian naik dengan tangga tali. Namun baru sampai tengah korban lemas dan terjatuh ke dasar sumur," jelas Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan melalui Kapolsek Geyer AKP Sunarto.

Melihat hal itu, saksi berteriak meminta tolong ke warga untuk menolong korban. Kejadian itu juga diinformasikan ke Kades Monggot Susanto yang selanjutnya melapor ke Polsek Geyer. Informasi tersebut diteruskan ke BPBD Grobogan dan PMI Grobogan.

Kalak BPBD Grobogan Endang Sulistyoningsih melalui Kasi Kedaruratan Masrikan menjelaskan, begitu menerima informasi BPBD langsung mengirimkan anggota TRC untuk membantu proses evakuasi korban yang tercebur sumur.

"Proses evakuasi cukup sulit karena diameter sumur yang sempit dan cukup dalam, sehingga anggota yang melakukan evakuasi harus menggunakan tabung oksigen," jelas Masrikan yang memimpin proses evakuasi.

Dengan menggunakan tali yang diikat ke tubuh, anggota TRC BPBD Grobogan turun ke dalam sumur secara perlahan. Proses evakuasi berjalan lambat karena untuk mengangkat jenazah harus pelan mengingat diameter sumur yang berkisar 75 cm.

Korban Jasmo yang sudah dalam kondisi meninggal akhirnya berhasil diangkat ke atas. Kemudiantim Inafis Polres Grobogan dan Tim Medis Puskesmas Geyer I melakukan pemeriksaan luar terhadap jenazah Korban. 

"Dari hasil pemeriksaan terhadap jenazah korbann, mengenai penyebab meninggalnya korban, karena lemas akibat kekurangan oksigen, setelah tercebur ke sumur," kata Kapolsek Geyer. (*)

Editor : Arif F

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut