get app
inews
Aa Read Next : Asosiasi Pedagang Mi dan Bakso di Grobogan Keluhkan Harga Daging Sapi Yang Mahal

Komitmen Turunkan Stunting, Bupati Grobogan Terima Penghargaan Satyalencana Wira Karya

Sabtu, 08 Juli 2023 | 12:58 WIB
header img
Bupati Grobogan Sri Sumarni (kanan) menerima penghargaan Satyalencana Wira Karya dari Presiden RI yang diserahkan Wapres Ma'ruf Amin. (Istimewa)

GROBOGAN,iNewsMuria.id– Komitmen Bupati Grobogan Sri Sumarni untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Grobogan diganjar penghargaan Satyalencana Wira Karya dari Presiden Republik Indonesia.

Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin menyerahkan penghargaan tersebut dalam puncak acara Peringatan Hari Keluarga Nasional atau Harganas ke 30 Tahun 2023 di lapangan upacara Pemkab Banyuasin, Sumatera Selatan.

Penghargaan ini diberikan Presiden RI kepada perorangan yang berprestasi, berjasa, berkomitmen memberikan darma baktinya kepada negara dan bangsa Indonesia. Sebelumnya Bupati Sri Sumarni juga telah menerima Satyalencana bidang pertanian.

Satyalencana Wira Karya ini berkat komitmen Bupati Sri Sumarni dalam pelaksanaan program Bangga Kencana (Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana) di Kabupaten Grobogan.

”Alhamdulilah. Kabupaten Grobogan mendapatkan penghargaan Satyalancana Wira Karya penghargaan ini diberikan untuk seluruh pihak yang telah membantu mensukseskan turunnya angka stunting,” jelas Bupati Sri Sumarni. 

Bupati Sri Sumarni telah meluncurkan program unggulan di bidang Bangga Kencana seperti inovasi Geceg Stunting (Gerakan Cegah Stunting), CoE Kampung KB Percontohan  Kecamatan. Kemudian Gardu Pokja Kampung KB (Gerakan Terpadu Kelompok Kerja Kampung Keluarga Berkualitas). 

Dengan berbagai inovasi tersebut, Bupati Grobogan mampu menurunkan prevalensi stunting dari 14,50 persen pada tahun 2019 menjadi 9,15 persen di tahun 2022 (sumber data e-PPGBM tahun 2022). 

”Selain itu, jumlah Kampung KB juga meningkat dari 44 menjadi 96  Kampung KB dengan penambahan secara mandiri. Kemudian pembentukan kampung KB Percontohan  di 19 kecamatan sebanyak 20 Kampung KB,” ujar Bupati Sri.(*)

Editor : Arif F

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut