get app
inews
Aa Read Next : Investasi Intelektual Baznas RI untuk Negeri

Luncurkan Program ZChicken di Solo, Ketua BAZNAS RI : Untuk Proses Transformasi Mustahik Jadi Muzaki

Rabu, 24 Mei 2023 | 17:25 WIB
header img
Peluncuran program ZChicken oleh BAZNAS di Kota Solo, Selasa (23/5/2023).

SOLO,iNewsMuria.id-Badan Amil Zakat Nasional atau BAZNAS meluncurkan program pemberdayaan di bidang usaha ayam goreng yang dikenal dengan program ZChicken di Kota Solo, Selasa (23/5/2023).

Bantuan program ZChicken itu diberikan kepada 30 mustahik yang tersebar di 5 kecamatan, dengan total bantuan senilai Rp357.500.000. 

Dalam kesempatan itu, BAZNAS Surakarta meluncurkan program Tasaruf Ekonomi Produktif, antara lain bantuan modal usaha dan alat usaha seperti mesin jahit, gerobak makanan, serta mesin cuci dengan total bantuan  Rp268.000.000. 

Peluncuran program ZChicken di Gedung IPHI Surakarta, dihadiri 220 peserta, Wakil Ketua IV BAZNAS Jawa Tengah Sholahudin Aly mewakili Ketua BAZNAS RI, Plt. Kepala Biro Komunikasi Publik BAZNAS RI Ndari Rumi Widyawati, Ketua BAZNAS Surakarta Muhamad Qoyim, Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka yang diwakili oleh Kabag Kesra Setda Kota Surakarta Hendro.

Wakil Ketua IV BAZNAS Jawa Tengah Sholahudin Aly menympaikan, bantuan ZChicken itu merupakan hasil konsolidasi zakat yang ditunaikan masyarakat melalui BAZNAS. 

"Jika zakat dikonsolidasi, dikelola oleh BAZNAS, maka manfaat yang dirasa mustahik akan jauh lebih besar seperti program ZChicken ini. Hasilnya pun akan berbeda jika zakat ditunaikan sendiri, disalurkan sendiri langsung oleh masyarakat," tambahnya. 

Untuk itu, Sholahudin Aly mengajak masyarakat untuk menunaikan zakat melalui BAZNAS agar zakat semakin berdampak luas bagi mustahik. 

"Dalam program ZChicken, BAZNAS memberikan bantuan modal usaha kepada para mustahik dalam bentuk peralatan dan bahan baku usaha. Setelah pemberian bantuan dilakukan pelatihan pengolahan ayam goreng dan pelatihan pengelolaan usaha kepada seluruh mustahik," ujarnya. 

Selanjutnya, kata Sholahudin, demi menjaga kualitas pelaksanaan program, para mustahik akan didampingi oleh pendamping program yang akan membina selama 1 (satu) tahun.

Terpisah, Ketua BAZNAS RI Prof Dr KH Noor Achmad menyampaikan, ZChicken merupakan salah satu dari berbagai program BAZNAS yang digulirkan untuk membantu proses transformasi mustahik menjadi muzaki.

"Program ini juga menjadi komitmen BAZNAS dalam rangka mengentaskan kemiskinan dan menyejahterakan umat. Selain itu juga menjadi pertanggungjawaban BAZNAS dalam mengelola dana yang disalurkan muzaki agar dapat tepat sasaran dan dirasakan manfaatnya langsung oleh mustahik," jelasnya. 

"Tahun 2022, BAZNAS berkomitmen mengembangkan program ZChicken menjadi program BAZNAS secara nasional dimulai dari pengembangan  1.000 gerai ZChicken di seluruh Jawa. Kemudian di 2023 ini ekspansi hingga ke luar Jawa, demi kebermanfaatan program ZChicken secara luas," ujarnya.

Saat ini, kata Noor, realisasi program ZChicken di Jawa Tengah, telah tersalur sejumlah 277 titik ZChicken di 9 Kota/Kabupaten. "Terima kasih juga kami haturkan kepada donatur dan Pemkot Surakarta yang telah membantu kelancaran program usaha ZChicken," ujarnya.

Dalam sambutannya, Wali Kota Gibran Rakabuming yang diwakili Kabag Kesra Setda Hendro mengucapkan terima kasih atas bantuan dan perhatian yang diberikan BAZNAS kepada masyarakat Kota Solo yang membutuhkan.

"Bantuan ini tentu akan sangat membantu peningkatan ekonomi masyarakat di Surakarta. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada BAZNAS yang telah memberikan fasilitas produktif pengembangan usaha melalui program ZChicken ini," ujarnya.

Program ZChicken telah diinisiasi sejak akhir tahun 2019 dan sudah berhasil membantu hingga 1.288 mustahik penerima program hingga bulan Mei 2023 ini. Program ini sudah tersebar di 6 Provinsi dan 43 Kota/Kabupaten.(*) 

Editor : Langgeng Widodo

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut