get app
inews
Aa Read Next : Ada Kecelakaan Kereta di Petak Jalan Haurpugur-Cicalengka, Jalur KA Solo - Bandung PP Diputar

Ada Kereta Api Baru, Namanya KA Manahan, Relasi Solo-Jakarta, Ini Jadwalnya

Senin, 15 Mei 2023 | 13:36 WIB
header img
Ilustrasi

JOGJA,iNewsMuria.id-Mulai 1 Juni 2023, Daop 6 Yogyakarta memiliki kereta api dengan relasi baru yaitu KA Manahan dan KA Banyubiru.

Kehadiran kedua KA baru tersebut diharapkan dapat menambah pilihan masyarakat dalam bepergian ke Jakarta dan Semarang.

Dan akan ada beberapa stasiun pemberhentian yang tentunya akan bisa digunakan masyarakat untuk naik turun kedua KA tersebut.

"Untuk tahap awal, kedua KA ini hanya dioperasikan di akhir pekan," kata Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Franoto Wibowo, Senin (15/5/2023).

Rangkaian kereta api / KA Manahan terdiri dari 8 kereta Eksekutif dengan kapasitas per kereta adalah 50 tempat duduk.

Dalam satu hari, KA Manahan akan berangkat dua kali, pukul 09.45-18.03 WIB (waktu tempuh 8 jam 18 menit) dan 22.35-06.36 WIB (8 jam lebih 1 menit).

KA Manahan dengan keberangkatan pagi akan berangkat dari Stasiun Solobalapan dan akan berhenti di beberapa stasiun seperti Klaten, Yogyakarta, Kutoarjo, Kroya, Purwokerto, Cirebon, Cikarang, dan Jatinegara sebelum berakhir di Stasiun Gambir.

KA Manahan dengan keberangkatan malam akan berangkat dari Stasiun Solobalapan dan akan berhenti di beberapa stasiun seperti Klaten, Yogyakarta, Kutoarjo, Kebumen, Kroya, Purwokerto, Cirebon, dan Jatinegara sebelum berakhir di Stasiun Gambir.

Sementara itu untuk rangkaian KA Banyubiru terdiri dari 4 kereta Eksekutif dan kereta Ekonomi dengan kapasitas per kereta Eksekutif sebanyak 50 tempat duduk dan Ekonomi sebanyak 80 tempat duduk. 

Dalam satu harinya, KA Banyubiru akan berangkat sebanyak 2 kali, yaitu pukul 10.40-12.42 WIB (waktu tempuh 2 jam lebih 2 menit) dan 17.15-19.31 WIB (waktu tempuh 2 jam lebih 16 menit).

KA Banyubiru dengan keberangkatan siang akan berangkat dari Stasiun Solobalapan dan akan berhenti di beberapa stasiun seperti Salem, Gundih, dan Brumbung sebelum berakhir di Stasiun Semarangtawang.

KA Banyubiru dengan keberangkatan sore akan berangkat dari Stasiun Solobalapan dan akan berhenti di beberapa stasiun seperti Salem, Gundih, Padas, dan Brumbung sebelum berakhir di Stasiun Semarangtawang.(*)

Editor : Langgeng Widodo

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut