get app
inews
Aa Read Next : Puluhan Botol Berisi Miras Disita Polisi dari Berbagai Lokasi di Grobogan

Minim Penerangan di Jalan Raya Puwodadi-Pati, Ini Yang Dilakukan Polisi

Selasa, 09 Mei 2023 | 22:53 WIB
header img
Anggota Polsek Grobogan, Polres Grobogan memasang rambu reflektor di ruas jalan Purwodadi-Pati di Desa Sumberjatipohon, Grobogan, Selasa (9/5/2023). (Istimewa)

GROBOGAN,iNewsMuria.id-Cegah terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan raya Purwodadi-Pati pada malam hari, Polsek Grobogan melakukan pemasangan rambu pemantu cahaya penanda lokasi atau "mata kucing"

Pemasangan pemantul cahaya atau "mata kucing" dilaksanakan oleh Polsek Grobogan di jalur tengah penghubung Pati dengan Purwodadi, tepatnya di Km 10 di Desa Sumberjatipohon, Kecamatan Grobogan, Grobogan, Selasa (9/5/2023).

Pertimbangan pemasangan rambu pemantul cahaya tersebut menurut Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan melalui Kapolsek Grobogan AKP Candra Bayu, karena di jalur tersebut minim penerangan.

Ditambahkan AKP Candra Bayu, jalur Grobogan hingga ke Pati terutama di Desa Sumberjatipohon, Kecamatan Grobogan lebih banyak jalan menanjak. Namun di lokasi tersebut juga minim penerangan pada malam hari.

"Jalur itu sangat rawan kecelakaan karena minim penerangan pada malam hari, sehingga kami berinisiatif memasang pemantul cahaya atau 'mata kucing' di sejumlah lokasi,” jelas AKP Candra.

Adapun yang dimaksud dengan "mata kucing" lanjut AKP Candra, adalah reflektor berbentuk lingkaran yang terbuat dari skotlet. Apabila terkena sinar lampu dari kendaraan bermotor akan memantulkan cahaya. 

Reflektor tersebut, sambung Kapolsek Grobogan, dipasang di tepi ruas jalan serta median jalan yang merupakan titik black spot atau lokasi rawan kecelakaan terutama di jalur Purwodadi - Pati di Desa Sumberjatipohon.

Kegunaan pemasangan reflektor mata kucing tersebut, dijelaskan AKP Candra, untuk membantu konsentrasi para pengendara kendaraan bermotor. Sehingga mereka lebih waspada saat melintas jalur minim pencahayaan.

"Dengan 'mata kucing' yang menyala ketika tekena sinar lampu, diharapkan membuat pengendara waspada sehingga bisa selamat sampai tujuan," tambah Kapolsek AKP Candra. (*)

Editor : Arif F

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut