get app
inews
Aa Read Next : Kerja Sama Kemenhub dan Pemprov Sumut Pastikan Layanan Transportasi PON XXI Lancar

Tips Tetap Sehat Saat Menghadapi Musim Pancaroba

Sabtu, 29 April 2023 | 15:06 WIB
header img
Ilustrasi tip sehat di musim pancaroba. (Kemkes)

GROBOGAN,iNewsMuria.id-Memasuki musim pancaroba yang ditandai dengan kondisi cuaca yang tidak tentu membuat masyarakat harus berhati-hati dan selalu menjaga kondisi kesehatan tubuh. Apalagi saat ini cuaca cukup panas di Indonesia.

Bagaimanapun saat memasuki musim pancaroba, tubuh manusia dipaksa untuk beradaptasi dengan kondisi cuaca yang tidak menentu. Terkadang cuaca sangat panas, namun tiba-tiba turun hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Tentu dengan perubahan cuaca yang mendadak tersebut, bagi Anda yang tidak dalam kondisi fit akan mudah terserang penyakit. Seperti flu, batuk, diare, dan influenza serta penyakit lainnya yang sering terjadi saat musim pancaroba.

Apalagi bagi mereka yang bekerja lebih banyak di luar ruangan, kesehatan tubuh harus tetap dijaga sehingga imun tubuh tetap oke. Berikut tips menjaga kesehatan tubuh saat memasuki musim pancaroba, seperti dilansir dari kemkes.go.id.

Bagi Anda yang ingin tetap sehat selama menghadapi musim pancaroba, disarankan untuk mengkonsumsi vitamin C yang cukup. Caranya bisa dengan mengkonsumsi buah-buahan atau membeli vitamin C di apotik.

Ada beberapa buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin C yang bisa Anda konsumsi untuk menjaga imun tubuh. Buah-buahan ini bisa dibeli di pasar atau toko buah. 

Buah-buahan dengan kandungan vitamin C cukup tinggi, antara lain buah jeruk. Di mana satu buah jeruk ukuran sedang mengandung vitamin C sebanyak 82,7 miligram.

Selanjutnya ada jambu biji. Lalu setengah buah pepaya dengan kandungan vitamin c 94 miligram. Satu buah kiwi berukuran sedang mengandung vitamin C sebanyak 64 miligram.

Setengah gelas (125 gram) stroberi mengandung 52 mg vitamin C. Kemudian satu potong besar nanas, mengandung vitamin C sebanyak 79,3 miligram. Bisa juga Anda konsumsi mangga dan lemon.

Tips selanjutnya Anda harus mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Selalu mencuci tangan menggunakan sabun sebelum maupun setelah makan.

Selain itu, Anda harus selalu menjaga kebersihan tubuh, yaknu dengan mandi dua kali sehari. Jangan lupa berolahraga atau beraktivitas fisik minimal 30 menit setiap harinya. Semoga bermanfaat.(*)

Editor : Arif F

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut