get app
inews
Aa Read Next : Tragis, Bocah Balita Tenggelam di Sungai Tuntang Kedungjati Grobogan

Diguyur Hujan Deras, Grobogan Dilanda Longsor dan Banjir

Minggu, 01 Januari 2023 | 13:55 WIB
header img
Longsor di Kecamatan Grobohwn yang terjadi akibat hujan deras sejak Sabtu (31/12/2022) dini hari. Hujan juga menyebabkan banjir di sejumlah lokasi di Kabupaten Grobogan. (Istimewa)

GROBOGAN,InewsMuria.id--Diguyur hujan deras sejak Sabtu (31/12/2022) dini hari, Kabupaten Grobogan dilanda bencana longsor dan banjir di sejumlah lokasi. Bahkan akibat banjir di pertigaan Ketapang, Kecamatan Grobogan, jalur Purwodadi-Pati sempat ditutup sementara hingga banjir surut.

Menurut Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Grobogan, Endang Sulistyoningsih, longsor terjadi di beberapa lokasi di Kecamatan Grobogan. Yakni di Dusun Ngrijo, Desa Jatipohon, talud depan dan belakang rumah milik Padmi mengalami longsor. Longsor juga terjadi di objek wisata Jatipohon Indaj tepatnya di belakang tulisan objek wisata tersebut.

Akibat longsor tersebut, lanjut Endang, dua rumah yang berada dibawah objek wisata Jatipohon Indah terancam apabila ada longsoran yang lebih besar lagi. Untuk mengantisipasi, BPBD sudah memberikan tanda peringatan di sekitar longsoran dan mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan. Longsor juga terjadi di samping rumah Sukimin di Dusun Krajan, Desa Sedayu.

"Selain itu longsor di Dusun Krajan RT 06, RW 04 Desa Sedayu Kecamayan Grobogan menyebabkan jembatan putus separuh dan hanya bisa dilewati pejalan kaki dengan ekstra hati-hati," kata Endang, Sabtu (31/12/2022).

Hujan juga menyebabkan banjir di pertigaan Ketapang, setinggi 40 cm, namun saat ini sudah surut termasuk di lingkungan RT.01,02 RW.08 & RT.02 RW.04 kelurahan Grobogan. Banjir juga terjadi di jalan Dusun Sidoarjo, Desa Tanggungharjo, Kecamatan Grobogan, namun tidak sampai masuk ke rumah warga. Sedangkan di Dusun Krajan selain menyebabkan longsor, juga banjir di jalan perkampungan setinggi lutut orang dewasa, dan mengakibatkan lima rumah tergenang air dengan ketinggian 15 - 30 cm.

Banjir tambah Endang, juga menggenangi jalan perkampungan di Desa Putatsari dengan ketinggian sekitar 30 - 40 cm dan jalan perkampungan di Dusun Krajan, Dusun Pesantren, Desa/Kecamatan Klambu juga tergenang. Kemudian di Kecamatan Brati banjir menggenangi jalan dan rumah warga di Dusun Tangsri, Desa Temon, dengan ketinggian air sekitar 20-30 cm.

Di Desa Lemah Putih, ada tiga dusun terdampak banjir, yakni Dusun Mlakas, Dusun Lemah Putih dan Dusun Kepuhrubo. Menurut Endang, setiap hujan dengan intensitas yang sangat lebat wilayah Desa Lemah Putih sering dilanda banjir, karena setiap banjir bermuara di wilayah Desa lemahputih. Banjir juga menggenangi lokasi sekitar makam Ki Tarub, di Desa Tarun, Kecamatan Tawangharjo. Hujan dan angin juga menyebabkan pohon tumbang di sebelah barat SPBU Pulorejo.

"Saat ini banjir di pertigaan Ketapang dan makam Tarub serta jalan perkampungan sudah surut. BPBD membantu karung untuk peninggian tanggul di Sungai Pucang, Grobogan. Sedangkan pohon tumbang sudah dievakuasi sehingga jalur Purwodadi-Semarang sudah normal kembali," jelas Endang.(*) 

Editor : Langgeng Widodo

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut