get app
inews
Aa Read Next : Tragis, Bocah Balita Tenggelam di Sungai Tuntang Kedungjati Grobogan

KNPI Grobogan : Dukung Ketahanan Pangan, Pemuda Petakan Daerah Rawan Pangan

Rabu, 28 Desember 2022 | 12:14 WIB
header img
Ketua KNPI Grobogan Kukuh Prasetyo Rusady (ketiga dari kanan) menyerahkan bantuan kepada korban banjir di Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan. (Istimewa)

GROBOGAN,iNews.id-Peran pemuda dalam membangun negeri sangat luas, tak hanya melalui prestasi yang mendunia, namun bisa juga berperan langsung dalam mewujudkan ketahanan pangan di Indonesia, melalui pemetaan lokasi rawan pangan di daerahnya masing-masing.

Peran pemuda dalam mewujudkan ketahanan pangan tersebut mencuat dalam Forum Group Discussion (FGD) yang digelar Komite Nasional Pemuda Indonesia / KNPI Grobogan bersama dengan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Grobogan di Hotel Grand Master, Purwodadi, Kabupaten Grobogan.

"Peran pemuda tersebut sesuai dengan tema diskusi yang kita laksanakan pada Selasa (27/12/2022) adalah sinergitas pemuda dalam ketahanan pangan daerah," ujar Ketua KNPI Kabupaten Grobogan, Kukuh Prasetyo Rusady, Rabu (28/12/2022)

FGD kali ini menurut Kukuh diikuti 90 peserta dari KNPI Kabupaten Grobogan dan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Grobogan. Mereka saling memberikan pendapat  mengenai peran pemuda dalam ketahan pangan di daerahnya. Peserta juga tetap ingin membantu mewujudkan ketahanan pangan di Grobogan dengan kemampuan yang mereka miliki.

"Kita yang hadir dalam FGD ternyata memiliki niat yang sama untuk mewujudkan ketahanan pangan. Sebagai pemuda, kami akan konsisten membantu pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan di Kabupaten Grobogan," kata Kukuh.

FGD yang digelar KNPI dan Dinas Ketahanan Pangan Grobogan berlangsung selama dua jam itu menghasilkan sejumlah poin  penting dalam mewujudkan ketahanan pangan di Kabupaten Grobogan melalui peran para pemuda. 

"Salah satu poin penting bagi kita adalah, pemuda bisa berperan dalam program ketahanan pangan nasional dengan cara memetakan wilayah yang rawan pangan," jelas Kukuh.

Seusai kegiatan FGD, anggota KNPI bersama Kapolres, Dandim, Disperindag, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Sosial, dan BPBD Grobogan mendatangi Desa Asemrudung dan Bangsri, Kecamatan Geyer yang diterjang banjir bandang. "Kami menyerahkan bantuan paket sembako, tikar, dan peralatan memasak. Harapannya bantuan ini bisa meringankan beban warga yang terdampak banjir," tambah Kukuh.(*) 

Editor : Langgeng Widodo

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut