Logo Network
Network

Jelang Natal, Polres Grobogan Sterilisasi Gereja Kristen Indonesia

Arif F
.
Kamis, 22 Desember 2022 | 06:30 WIB
Jelang Natal, Polres Grobogan Sterilisasi Gereja Kristen Indonesia
Petugas dari Polres Grobogan melakukan sterilisasi Gereja Kristen Indonesia di Jalan Sudirman Purwodadi, sebelum perayaan Natal 2022, Rabu (21/12/2022). (Arif F)

MURIA.iNews.id-Polres Grobogan melakukan sterilisasi di Gereja Kristen Indonesia (GKI) Jalan Sudirman, Purwodadi, Rabu (21/12/2022). Satuan Sabhara dengan membawa anjing pelacak dan metal detektor mengecek seluruh ruangan dalam gereja tersebut.

Pengecekan sekaligus sterilisasi tersebut dilaksanakan menjelang perayaan Natal 2022 yang akan digelar oleh Rumah Sakit / RS Panti Rahayu Yakkum Purwodadi, pada Rabu sore. Setiap sudut dalam gereja dicek dengan anjing pelacak dan metal detektor. 

Kasat Sabhara Polres Grobogan, AKP Haryono mengatakan, kegiatan tersebut merupakan perintah Kapolres Grobogan AKBP Benny Setyowadi dengan tujuan memberikan rasa aman dan nyaman kepada umat Kristen dalam perayaan Natal 2022 di sejumlah gereja.

Adapun pelaksanaan sterilisasi selain menerjunkan anggota ke lokasi, yakni Gereja Kristen Indonesia, menurut AKP Haryono petugas juga membawa anjing pelacak dengan spesialisasi bahan peledak (Handak), juga pemeriksaan setiap sudut menggunalan metal detektor untuk memastikan semua aman.

Selanjutnya saat perayaan, tambah Kasat Sabhara, akan ada petugas yang menjaga di lokasi atau gereja yang melaksanakan perayaan Natal. Kemudian guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan dan demi keamanan dan kenyamanan, akan dilakukan pemeriksaan barang bawaan jemaat sebelum memasuki gereja.

"Hasil sterilisasi hari ini aman. Kemudian nanti ada petugas yang berjaga saat perayaan. Selain itu untuk pengamanan Natal 2022, Polres Grobogan juga membuat Pospam di dekat gereja," kata AKP Haryono.
 
Panitia perayaan Natal RS Panti Rahayu Yakkum Purwodadi, Yoyok menjelaskan untuk perayaan Natal 2022 memang pesertanya ada sekitar 1.600. Namun karena lokasi di RS tidak mencukupi maka menggunakan Gereja Kristen Indonesia. Itupun karena tidak cukup maka perayaan di GKI hanya diikuti sekitar 500 pegawai.

Mengenai pelaksanaan sterilisasi di Gereja Kristen Indonesia oleh Polres Grobogan sebelum pelaksanaan perayaan Natal oleh RS Panti Rahayu Yakkum Purwodadi, Yoyok mengatakan pihaknya merasa aman dan terlindungi.

"Ada rasa aman dan terlindungi dengan adanya sterilasi. Terima kasih  kepada Kapolres Grobohan dan Kapolsek Purwodadi serta Dandim 0717/Grobogan, sehingga pelaksanaan bisa berjalan dengan aman," ujar Yoyok.(*) 

Editor : Langgeng Widodo

Follow Berita iNews Muria di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.