get app
inews
Aa Read Next : Tragis, Bocah Balita Tenggelam di Sungai Tuntang Kedungjati Grobogan

Satu Rumah Roboh dan Pohon Tumbang Diterjang Angin Kencang di Grobogan

Kamis, 17 November 2022 | 21:16 WIB
header img
Pohon tumbang menimpa rumah warga di Kabupaten Grobigsn akibat hujan deras disertai angin kencang pada Kamis (17/11/2022). (Istimewa).

Muria.iNews.id-Satu rumah roboh akibat diterjang angin kencang di Kabupaten Grobogan. Selain itu sejumlah pohon di beberapa lokasi tumbang, bahkan ada yang menimpa rumah warga, Kamis (17/11/2022). Tidak ada korban jiwa dalam kejadia tersebut, sedang jumlah kerugian masih dalam pendataan.

Menurut Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Grobogan Endang Sulistyoningsih melalui Kasi Kedaruratan Masrikan, ada lima kecamatan yang terdampak hujan deras disertai angin kencang. Yakni di Kecamatan Purwodadi, Pulokulon, Karangrayung, Grobogan dan Kecamatan Toroh.

Di Kecamatan Purwodadi, satu pohon tumbang di jalan utama Kota Purwodadi Jl R Suprapto. Akibatnya arus lalu lintas sempat terganggu. Pihak BPBD yang menerima laporan segera melakukan pemotongan dan evakuasi batang pohon sehingga arus lalu lintas bisa kembali normal.

"Angin kencang juga menyebabkan rumah Sodiq, 38 tahun di Dusun Karangmanis RT 05 RW 03 Desa Cingkrong Kecamatan Purwodadi roboh. Saat ini puing bangunan rumah yang sudah dibersihkan, pemilik rumah juga sudah mendapat bantuan," jelas Masrikan.

Angin kencang juga menyebabkan satu pohon tumbang melintang di jalan Dusun Krajan, Desa Jatiharji, Kecamatan Pulokulon. Arus lalun lintas yang sempat terganggu kembali lancar setelah pohon  berhasil dipindahkan. Sedangkan di jalan raya Purwodadi-Solo di Kecamatan Toroh, arus lalu lintas sempat terganggu.

"Ada dahan pohon patah dan menutup jalan raya Purwodadi-Solo dekat perumahan Perhutani, Kecamatan Toroh. BPBD yang menerima laporan bersama warga, TNI dan Polri serta sukarelawan PMI melakukan penanganan sehingga arus lalu lintas bisa kembali normal," kata Masrikan.

Kejadian lainnya akibat hujan disertai angin kencang juga terjadi di Kecamatan Karangrayung. Satu rumah rusak setelah tertimpa pohon tumbang yang diterjang angin kencang. Peristiwa serupa juga terjadi di Dusun Ngulakan, Desa Sumberjatipohon, Kecamatan Grobogan.

"Akibatnya satu rumah warga di Desa Sumberjatipohon rusak. Akibat angin kencang juga menyebabkan atap rumah warga rusak. Petugas sudah mengevakuasi pohon tumbang yang menimpa rumah dan membersihkan puing bangunan yang rusak," tambah Masrikan.

Kalak BPBD Grobogan Endang Sulistyoningsih mengimbau warga untuk waspada. Karena cuaca ekstrim yang bisa menyebabkan tiba-tiba hujan deras disertai angin kencang. Sehingga menyebabkan pohon tumbang.(*) 

Editor : Langgeng Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut