get app
inews
Aa Read Next : Tubuh Masyarakat Jepara Mengalir Darah Pahlawan

Soeharto segera Dikukuhkan Jadi Pahlawan Nasional, Ini Alasannya

Sabtu, 05 November 2022 | 02:41 WIB
header img
Foto sejarah Presiden Soekarno dengan dokter Soeharto.(istimewa)

MURIA.iNews.id-Soeharto segera dikukuhkan menjadi Pahlawan Nasional. Bahkan Soeharto yang juga Doktor dan dokter itu sudah dijadikan nama jalan di Kabuaten Klaten, Jalan Dr R Soeharto.

Pengusulan gelar Pahlawan Nasional bagi DR dr R Soeharto memasuki tahap pengukuhan. Pemerintah pusat segera mengukuhkan gelar pahlawan nasional bagi tokoh asal Wonosari, Klaten itu.

Informasi itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD melalui akun Twitter-nya, Kamis (3/11/2022) malam.

Dalam unggahannya, Menteri Mahfud MD menyampaikan, Presiden akan anugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada 5 tokoh yang ikut merebut dan mempertahankan kemerdekaan RI, yakni tanggal 7 November 2022.

Tokoh-tokoh itu diusulkan dari berbagai daerah yang telah diteliti jejak peran juangnya hingga diseminarilmiahkan posisi sejarah mereka.

Selain dokter Soeharto asal Klaten, empat tokoh lainnya akan dikukuhkan sebagai pahlawan nasional adalah KGPAA Paku Alam VIII (DIY), dr R Rubini Natawisastra (Kalbar), H. Salahuddin bin Talabuddin (Maluku Utara), dan KH Ahmad Sanusi (Jawa Barat).

“Pemerintah akan anugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada 5 putera pejuang dan pengisi kemerdekaan Indonesia. Kepada daerah-daerah dan institusi-institusi warisannya dipersilahkan melakukan tahniah (syukuran),” tulis Menteri Mahfud dalam akun Twitter-nya.

Sebelumnya, Pemkab Klaten memberi dukungan terhadap pengusulan dokter Soeharto sebagai pahlawan nasional karena perannya semasa perjuangan mempertahankan kemerdekaan RI. 

Hingga nama DR R Soeharto dijadikan sebagai nama jalan di ruas Gebyok - Jimbung pada Mei lalu oleh Bupati Klaten Sri Mulyani.

Dr R Soeharto adalah putra asli Klaten kelahiran Desa Tegalgondo, Kecamatan Wonosari dan dikenal sebagai dokter pribadi Bung Karno dan Bung Hatta.

Oleh Pemkab Klaten dan Pemprov Jawa Tengah, nama Dr R Soeharto diusulkan sebagai pahlawan nasional atas peran dan perjuangannya sejak berkiprah di Jong Islamieten Bond, menjadi pengurus besar Jong Java mengikuti Kongres Pemuda II (yang melahirkan Sumpah Pemuda).

Perannya juga tercatat di Pusat Tenaga Rakyat dan peristiwa peristiwa penting dan krusial sebelum dan pasca proklamasi kemerdekaan Indonesia, serta perannya dalam pendirian berbagai institusi penting negara.

Selain sebagai bentuk apresiasi, kata Bupati Klaten Sri Mulyani, penamaan jalan itu juga sebagai bentuk upaya Pemkab Klaten mendukung pengusulan gelar pahlawan nasional. Sehingga Dr R Soeharto dikenal luas oleh masyarakat, khususnya warga Klaten.

“Salah satu persyaratan pengusulan pahlawan nasional adalah namanya telah diabadikan melalui sarana monumental di daerah asal sehingga dapat dikenal oleh masyarakat luas," kata Bupati Srimulyani. 

"Dan almarhum Bapak DR R Soeharto ini putra asli Klaten yang lahir di Desa Tegalgondo, calon pahlawan nasional pertama dari Klaten,” jelasnya.(*)

Editor : Langgeng Widodo

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut