Logo Network
Network

Resmikan MPP Srikandi, Ganjar : Permudah Izin Usaha di Grobogan

Fajar S.
.
Jum'at, 14 Oktober 2022 | 04:43 WIB
Resmikan MPP Srikandi, Ganjar : Permudah Izin Usaha di Grobogan
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau layanan publik di Mal Pelayanan Publil (MPP) Sri Kandi di kawasan Simpang Lima Purwodadi, Grobogan, Kamis (13/10/2022). (Photo : Fajar S)

MURIA.iNews.id-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta izin usaha para pelaku UMKM dan layanan masyarakat lainnya di Kabupaten Grobogan untuk dipermudah seiring penguatan perekonomian nasional.

Hal tersebut disampaikan Ganjar saat meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) Grobogan, peluncuran  KUMDA Dewi Sri BPR BKK Purwodadi dan Grobogan  Festival 2022 UMKM Bangkit di Simpang Lima Purwodadi, Grobogan, Kamis (13/10/2022) sore.

"Untuk itu Mal Pelayanan Publik Grobogan diharapkan memfasilitasi para pelaku usaha sehingga dapat memiliki perizinan dengan mudah," jelas Ganjar Pranowo.

Berbagai layanan publik berada di MPP Grobogan yang berada di kawasan Simpang Lima Purwodadi. Mulai izin usaha, layanan imigrasi, Samsat online, BPJS Kesehatan, pembayaran tilang, Dispendukcapil, hingga layanan perbankan BPR BKK.

Ganjar juga menyempatkan meninjau Grobogan Festival 2022 UMKM Bangkit yang berisi sejumlah stand UMKM. Gubernur Jateng didampingi Bupati Grobogan Sri Sumarni, Wabup Bmbang Pujianto, dan forkompimda sempat berdialog dengan sejumlah pelaku usaha.

Gubernur Ganjar juga mengapresiasi peluncuran produl Kredit Usaha Mikro Daerah (KUMDA) dari BPR BKK Purwodadi. Dengan bunga 11 persen di mana 9 persen disubsidi Pemkab Grobogan sehingga pelaku usaha hanya membayar bunga 2 persen.

"Ini mendorong penguatan ekonomi. Sebaiknya OPD di Grobogan juga bisa membeli produk UKM sehingga bisa semakin berkembang," tambahnya.

Sementara Bupati Sri Sumarni dalam sambutannya mengatakan pembangunan MPP Grobogan sebenarnya sudah dimulai pada 2020. Namun karena pandemi, anggaran digunakan untuk penangan Covid-19. Baru pada 2022 dilengkapi sarana dan prasarananya.

Di dalam MPP Srikandi ini terdapat 30 Penyelenggara Pelayanan Publik. 10 
dari Kementrian/Lembaga, 2 dari 
Pemerintah Provinsi, 6 dari BUMN/BUMD, 11 dari OPD dan 1 dari swasta. 

"Nama Srikandi terinspirasi dari tokoh wayang yang memiliki karakter bersemangat, pemberani, memiliki 
tekad yang kuat, dan percaya diri. Sedangkan KUMDA Dewi Sri dimaknai sebagai lambang kesuburan dan kemakmuran, sehingga diharapkan UMKM di Grobogan tumbuh subur dan menjadi makmur," jelas Bupati Sri. 

Gubernur Ganjar seusai peresmian MPP, melanjutkan kegiatan dengan meresmikan destinasi wisata Geopark di Desa Karangsari, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan.(*) 

Editor : Langgeng Widodo

Follow Berita iNews Muria di Google News

Bagikan Artikel Ini