Logo Network
Network

Ledakan Di Aspol Sukoharjo : 7 Saksi Diperiksa, dari Pengirim Paket, Penerima, hingga Anggota Polisi

Langgeng Widodo
.
Senin, 26 September 2022 | 15:34 WIB
Ledakan Di Aspol Sukoharjo : 7 Saksi Diperiksa, dari Pengirim Paket, Penerima, hingga Anggota Polisi
Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi memberi penjelasan pada wartawan terkait ledakan paket berisi bahan petasan di dekat Aspol Arumbara, Grogol, Sukoharjo, Senin (26/6/2022).

MURIA.iNews.id-Polisi memeriksa tujuh saksi, terkait ledakan paket berisi bahan petasan di dekat Aspol Arumbara, Grogol, Sukoharjo, Senin (26/6/2022).

Adapun saksi-saksi yang diperiksa, menurut Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi, diantaranya adalah pengirim paket, penerima paket, dan anggota Sat Intelkam Polresta Surakarta.

Dari pengirim, yaitu sebuah CV di Indramayu, kata Kapolda, membenarkan melakukan pengiriman paket tersebut. Dari pihak penerima juga membenarkan pernah memesan paket sebanyak dua kali

"Sedang dari anggota Sat Intelkam Polresta Surakarta membenarkan telah melakukan operasi pengamanan barang bukti," kata Irjen Pol Ahmad Luthfi, Senin (26/9/2022).

Kapolda menegaskan, ledakan di dekat asrama polisi itu dipastikan tidak terkait aksi terorisme. Sample barang bukti sudah diamankan dan sisanya dilakukan disposal atau dimusnahkan.  "Dipastikan bukan bom dan tidak terkait terorisme," terangnya

Kapolda menambahkan, paket bahan petasan yang mengakibatkan Bripka Dirgantara terluka itu sudah diurai oleh tim Jibom. Kemudian barang bukti sumbu petasan itu diwadahkan  dalam enam kantong plastik klip. 

"Paket yang diamankan anggota kemudian diurai tim Jibom. Kemudian kita dapati ada uceng, sumbu petasan. Ini adalah BB petasan yang kita sisihkan ada enam kantong. Dua kantong sisihkan untuk barang bukti, yang empat kita disposal tadi malam," jelas Irjen Ahmad Luthfi

Masyarakat juga diminta tidak perlu khawatir karena peristiwa ledakan tersebut tidak berkaitan dengan aksi terorisme. Barang yang meledak adalah paket yang diamankan sejak tahun 2021 dan belum diketahui kenapa bisa dibawa oleh Bripka Dirgantara. 

"Saya harapkan tidak usah resah, memang benar ledakan itu bukan bom dan teror. Situasi TKP  saat ini sudah normal kembali, proses identifikasi inafis maupun labfor sudah selesai dan tidak ada kejadian yang menonjol di Sukoharjo termasuk masyarakat sekitar sudah melaksanakan aktivitas seperti biasa," jelasnya. 

Terkait kondisi korban ledakan,  Kapolda menegaskan masih ditangani tim medis RS dr Moewardi, menurut dokter, luka bakar 37 % dan sudah  dalam penanganan dokter serta belum bisa dimintai keterangan. Sehingga belum bisa dipastikan terkait unsur  kelalaiannya. 

"Jadi saya tegaskan bahwa terkait dengan anggota yang mau memusnahkan kemudian menjadi korban akan secara jelasnya setelah sembuh apakah itu ada unsur lalainya apakah anggota salah prosedur dan sebagainya setelah anggota dilakukan pemeriksaan, karena yang bersangkutan masih sakit," ujar Luthfi.

Kapolda juga menjelaskan situasi terakhir di lokasi sudah kembali normal. Aktivitas warga juga sudah kembali seperti semula.(*) 

Editor : Langgeng Widodo

Follow Berita iNews Muria di Google News

Bagikan Artikel Ini