get app
inews
Aa
Read Next : Marc Klok dan Peluang Timnas Indonesia

Berada di Pot Empat, Timnas Indonesia Berpeluang Satu Grup dengan Korsel

Kamis, 16 Juni 2022 | 11:04 WIB
header img
Rahmat Irianto (tengah) Mampu mencetak gol kemenangan untuk Timnas (foto: ist)

JAKARTA, iNews.id – Setelah Timnas Indonesia lolos dari kualifikasi Piala Asia, Timnas harus menunggu undian untuk fase grup dalam putaran final Piala Asia 2023. Mengingat sudah 15 tahun pasukan Garuda menanti tampil di Piala Asia, tepatnya Timnas terakhir ikut serta dalam Piala Asia dalam edisi tahun 2007.

Tapi penggemar jangan terlalu berlebihan merayakan keberhasilan Timnas Indonesia . Pasalnya, dari pembagian pot skuad Garuda berada di pot 4 bersama Malaysia, Hong Kong, India, Tajikistan dan Thailand.

Penempatan ini mengacu pada ranking FIFA dan pencapaian di babak kualifikasi. Jika mengacu pada aturan drawing, skenario paling berat yang bakal dihadapi Timnas Indonesia adalah mereka bisa bertemu dengan tim dari pot 1-3 (peringkat paling tinggi di FIFA).

Di pot 1, ada Iran, Jepang, Korea Selatan, Australia, Arab Saudi, dan Qatar. Di pot 2, ada Uni Emirat Arab, Irak, Oman, China, Suriah dan Vietnam. Sementara di pot 3, dihuni Lebanon, Uzbekistan, Bahrain, Yordania, Kyrgyzstan dan Palestina. Bisa saja Timnas Indonesia nantinya berada satu grup dengan Jepang, Uni Emirat Arab, atau Palestina.

Namun demikian, drawing Piala Asia 2023 bisa saja berubah mengingat AFC baru akan melakukan pembagian grup putaran final pada tahun depan. Artinya, peringkat peserta Piala Asia 2023 dalam ranking FIFA masih bisa bergerak naik atau turun. Selain itu, tuan rumah yang terpilih juga akan masuk ke pot 1.

Editor : Ade Achmad Ismail

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut