Polda Jateng Siapkan Pengawal Pribadi Paslon Calon Gubernur dan Wakil Gubernur di Pilkada 2024

Arif Fajar
Anggota Polda Jateng mengikuti pelatihan pengawal pribadi calon gubernur dan wakil gubernur Jateng yang maju di Pilkada 2024, Selasa (10/9/2024). (dok Humas Polda Jateng)

SEMARANG,iNewsMuria.id – Polda Jateng menyiapkan pengawal pribadi (Walpri) untuk pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah di Pilkada 2024.

Anggota yang menjadi Walpri akan mengikuti pelatihan. Hal ini sebagai bagian dari Operasi Mantap Praja Candi 2024 guna memastikan kelancaran dan keamanan Pilkada 2024 di Jawa Tengah.

Karo Ops Polda Jateng, Kombes Pol Basya Radyananda mengatakan, nantinya anggota yang disiapkan akan mengawal pasangan Ahmad Luthfi dan Taj Yasin serta pasangan Andika Perkasa dan Hendar Prihadi.

“Penugasan mulai 23 September 2024, harus siap secara fisik dan mental. Karena tugas ini sangat krusial dalam menjaga keamanan dan ketertiban Pilkada 2024,” jelas Kombes Pol Basya saat Apel Konsolidasi di Mapolda Jateng, Selasa (10/9/2024).

Selama menjalankan tugas sebagai Walpri Paslon, menurut Karo Ops, personil dibebaskan dari tugas rutin dan sepenuhnya di bawah komando Wadansat Brimob AKBP Arif Agung selaku Kasatgas 8 Walpri. 

“Hal ini guna menjaga profesionalitas dan memastikan petugas walpri fokus dalam melaksanakan tugasnya,” kata Kombes Pol Basya.

Sedangkan latihan Walpri, lanjutnya, bertujuan untuk memastikan personel siap melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab sehingga mampu menjaga nama baik dan marwah Polda Jateng.

"Saya titipkan kepada Kasatgas 8 untuk melatih seluruh personel agar mampu melaksanakan tugas dengan baik, menjaga keamanan para pasangan calon, serta menjaga nama baik Polda Jateng selama Pilkada 2024," ujar Kombes Pol Basya Radyananda.

Setelah apel konsolidasi, para personil walpri mengikuti pelatihan yang dilaksanakan di Mako Brimob Polda Jateng dengan  materi pelatihan mencakup bela diri praktis dan formasi pengawalan, baik untuk personel maupun kendaraan. 

Sementara Kabid  Humas Polda Jateng Kombes Pol Artanto menambahkan bahwa pelatihan ini penting untuk memastikan setiap personel memahami tugas dan tanggung jawabnya selama proses pengawalan. 

"Polda Jateng berkomitmen untuk menjalankan tugas pengamanan Pilkada termasuk pengawalan pribadi terhadap para pasangan calon. para personil walpri akan menjunjung tinggi Netralitas dan profesionalitas dalam pelaksanaan tugas,” tegasnya. (*)

Editor : Arif F

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network