Ganoderma Ancaman Serius Keberlanjutan Petani Sawit di Indonesia

ADC
Ganoderma Ancaman Serius Keberlanjutan Petani Sawit di Indonesia

JAKARTA, iNewsMuria - Gerakan terpadu pengendalian penyakit Ganoderma pada tanaman sawit telah sepakat dilakukan dalam acara 2nd Roundtable Ganoderma Management. Namun, gerakan yang bersifat sporadis tidak akan bisa mengatasi masalah nasional ini, karena di samping penularan melalui kontak akar di dalam tanah, jamur ganoderma juga menular dengan spora yang disebarkan melalui perantaraan air hujan, angin, kumbang ataupun binatang.

Sinkronisasi gerakan pengendalian Ganoderma menghadapi hambatan yang besar karena jumlah petani sawit yang terlibat dari luasan 6,7 juta hektare dengan kepemilikan rata-rata 2-4 hektare per petani amat sangat banyak, dengan berbagai latar belakang pendidikan, pengetahuan, budaya dan kondisi ekonomi. 

Di lain pihak jumlah penyuluh yang khusus menangani kelapa sawit amat sangat sedikit. 

Terkait hal itu, Safari Ganoderma 3 telah dilakukan di dua tempat yaitu di Labuhan Batu Utara, Sumatra Utara dan di Indragiri Hilir, Riau, yang dimulai dari 27 hingga 31 Agustus 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan dukungan dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) ini di antaranya adalah meningkatkan kapasitas petani dalam mengenal, mengetahui cara penularan dan menanggulangi ganoderma, meningkatkan kewaspadaan bagi seluruh petani kelapa sawit dan pemangku kepentingan lainnya atas besarnya ancaman Ganoderma, dan ikut serta dalam membangun keberlanjutan industri kelapa sawit Indonesia.

Pengenalan tanda dan gejala serangan dan pengendalian penyakit busuk pangkal batang dilakukan melalui presentasi dan praktik di lapangan. 

Penunjukan video penyebaran spora yang terjadi secara masif dari tubuh buah Ganoderma membuat para peserta baik di Labuhan Batu Utara maupun di Indragiri Hilir merasa takjub dan meyakini bahwa ancaman serangan Ganoderma itu sangat amat nyata.

Teknologi pengendalian Ganoderma melalui pendekatan terpadu pada saat ini sudah ditemukan, di mana pada saat kegiatan disosialisasikan kepada para petani. 

Ketiga komponen pengendalian terpadu tersebut terdiri dari peremajaan akar, aplikasi pupuk organik, dan bio fungisida yang di dalamnya mengandung isolat trichoderma  terpilih yaitu DT38 dan DT39. 

Peremajaan akar dilakukan dengan cara memutus sistem perakaran dengan menggali tanah di tepi piringan selebar 20 cm dengan kedalaman 25 sampai dengan 30 cm. 

Ke depan pembuatan parit peremajaan akar akan dibantu dengan peralatan mekanis dalam sistem robotik. Terkait bahan organik yang diaplikasikan, petani lebih memilih berupa produk yang sudah jadi di mana mereka tidak perlu untuk mencari-cari sendiri.

Baik di Labuhan Batu Utara maupun di Indragiri Hlir, petani menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada MAKSI dan BPDPKS karena acara-acara seperti ini belum pernah dilakukan sebelumnya dan mereka mengharapkan sosialisasi dapat dilakukan untuk praktik best agricultural practices  yang lain.  

"Dalam berperang melawan Ganoderma, setiap pelaku usaha sawit harus mengenali musuh kita bersama ini. Terima kasih atas dukungan dari BPDPKS untuk pelaksanaan acara ini," kata Ketum Masyarakat Perkelapasawitan Indonesia Darmono Taniwiryono, dalam keterangannya, Senin (9/9/2024). 

Pada setiap pelaksanaan Safari Ganoderma, MAKSI melibatkan 2 sampai 3 pendamping lapang agar mereka dapat meneruskan kegiatan sosialisasi serupa di desa atau wilayah lain, khususnya di Riau. 

MAKSI juga mengharapkan agar seluruh peserta kegiatan Safari Ganoderma dapat menyampaikan pengalaman dan pengetahuan yang diperolehnya kepada petani-petani kelapa sawit yang lain. 

Editor : Langgeng Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network