Irjen Pol Ahmad Luthfi Luncurkan Program Unggulan Dit Binmas Polda Jateng di Kudus

Arif Fajar
Launching Program Unggulan Dit Binmas Polda Jateng dan peresmian poskamling di Balai Desa Gondosari, Kecamatan Gebog, Kudus, Selasa (23/7/2024). (dok Humas Polda Jateng)

KUDUS, iNewsMuria.id - Kapolda Jateng Irjen Pol Ahamda Luthfi meluncurkan program unggulan Dit Binmas Polda Jateng di Balai Desa Gondosari, Kecamatan Gebog, Kudus, Selasa (23/7/2024).

Dalam sambutannya, Kapolda Jateng mengatakan program unggulan Dit Binmas Polda Jateng tersebut diharapkan dapat meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Menurut Kapolda Irjen Pol Ahmad Luthfi komponen masyarakat memiliki peran penting dalam menciptakan rasa aman. Meskipun tanggung jawab keamanan secara hukum ada di tangan Polri.

“Namun upaya pencegahan yang dilakukan oleh Polri bersama masyarakat adalah kunci utama dalam menciptakan lingkungan yang aman,” jelas Kapolda Jateng.

Kapolda Jateng mengakui bahwa jumlah anggota Polri di Jawa Tengah sekitar 36.000 orang untuk melayani hampir 37 juta penduduk, membuat rasio polisi sangat rendah, yaitu 1:1.800. 

Oleh karena itu, terobosan dari Dit Binmas dalam mewujudkan Pam Swakarsa yang dipimpin oleh tokoh masyarakat dan pemuka masyarakat, menurut Kapolda Irjen Pol Ahmad Luthfi sangat diperlukan.

Terobosan dalam mewujudkan Pam Swakarsa yang dilaksanakan Dit Binmas Polda Jateng, sambung Kapolda Jateng berhasil membentuk Poskamling hampir 17.967 unit di Jawa Tengah.

Poskampling merupakan upaya dari masyarakat, oleh masyarakat, dan untuk masyarakat, dalam upaya pencegahan dan deteksi dini terhadap potensi gangguan kamtibmas, terutama menjelang gelaran Pilkada,” tambah Kapolda Jateng.

Kapolda berharap, banyak potensi masyarakat yang dapat membantu Polri dalam upaya pencegahan terjadinya aksi kejahatan atau tindakan melawan hukum.

Karena tambah Kapolda Jateng, rasa aman adalah bagian dari tanggung jawab bersama. Dengan melibatkan masyarakat dalam upaya pencegahan, rasa aman dapat terwujud lebih efektif.

“Banyak potensi masyarakat yang membantu Polri dalam upaya pencegahan sehingga kita dapat mewujudkan rasa aman secara bersama sama,” tandas Kapolda Irjen Pol Ahmad Luthfi. (*)

Editor : Arif F

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network