Perhutani KPH Purwodadi Serahkan Bantuan TJSL Untuk Jambanisasi di Penawangan Grobogan

Arif Fajar
Administratur KPH Purwodadi Untoro Tri Kurniawan menyerahkan dana bantuan TJSL untuk program jambanisasi di Desa Lajer, Kecamatan Penawangan, Grobogan. (dok KPH Purwodadi)

GROBOGAN,iNewsMuria.id - Perum Perhutani KPH Purwodadi serahkan dana bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) senilai Rp37,5 juta untuk 10 kepala keluarga.

Dana bantuan TJSL untuk 10 kepala keluarga di Desa Lajer tersebut digunakan untuk perbaikan sanitasi yang layak atau program jambanisasi di desa tersebut.

Bantuan diserahkan langsung oleh Administratur KPH Purwodadi Untoro Tri Kurniawan kepada 10 kepala keluarga di Balai Desa Lajer, Kecamatan Penawangan, Kabupaten Grobogan.

"Nilai bantuan TJSL untuk perbaikan sanitasi layak berupa uang tunai Rp37,5 juta untuk 10 kepala keluarga," kata Adm KPH Purwodadi Untoro Tri Kurniawan dalam rilis yang diterima Jumat (12/7/2024).

Penyerahan bantuan TJSL pada Rabu 10 Juli 2024 disaksikan oleh perwakilan dari Kantor Biro Pemerintahan Otonomi Daerah dan Kerjasama Provinsi Jateng, Kasi Keuangan, SDM KPH Purwodadi dan Sekdes Lajer.

Administratur KPH Purwodadi Untoro Tri Kurniawan menyampaikan bahwa bantuan TJSL merupakan komitmen Perum Perhutani terhadap pembangunan yang berkelanjutan. Sehingga memberikan manfaat pada ekonomi, sosial, lingkungan serta hukum dan tata kelola dengan prinsip yang lebih terintegrasi, terarah, terukur dampaknya dan dapat dipertanggungjawabkan. 

TJSL berupa perbaikan sanitasi layak sebanyak 10 paket ini menurut Untoro, merupakan implementasi dari pilar lingkungan TJSL guna membantu masyarakat.

"Terutama dalam meningkatkan taraf kesehatannya dengan pembuatan jamban bagi rumah-rumah yang belum memiliki jamban, khususnya bagi masyarakat dari kalangan yang tidak mampu," kata Untoro.

Mewakii Kepala Biro Pemerintahan, Otonomi Daerah dan Kerjasama Provinsi Jateng Andri menyampaikan bahwa terwujudnya bantuan ini adalah adanya kerjasama yang baik antara Perum Perhutani KPH Purwodadi dengan Instansi Pemerintah.

Selain itu, tambah Andri, adanya pendampingan desa binaan dari bironya. Semoga bermanfaat untuk warga Desa Lajer, Kecamatan Penawangan. Pihaknya akan berupata untuk kepentingan masyarakat.

Sementara Sekdes Lajer, Hartono menyampaikan rasa terima kasih kepada Perum Perhutani KPH Purwodadi atas bantuan yang diberkan kepada warganya untuk memperbaiki sanitasi yang layak.

Bantuan TJSL untuk jambanisasi, sambung Hartono, adalah momen yang sangat tepat. Karena pada Agustus 2024, akan ada lomba kebersihan di lingkup Desa lajer terutama kebersihan lingkungan dan kelayakan sanitasi, 

"Dengan bantuan ini diharapkan warga tidak berbondong-bondong lagi ke kebun atau sungai sehingga kebersihan lingkungan terjaga," kata Hartono. (*)

Editor : Arif F

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network