Festival SenengMinton Upaya Pengkab PBSI Kudus Rangkul Siswa SD dan MI Bibit Atlet Bulu Tangkis

Vitrianda Hilba Siregar
Festival SenengMinton 2024 mampu menjaring 360 murid dari kelas 1 hingga kelas 3 dari 20 SD di Kota Kudus berkumpul untuk mengikuti acara ini di GOR Djarum, Jati, Kudus, Jawa Tengah. Foto: Ist

KUDUS, iNewsMuria.id –  Festival SenengMinton 2024 mampu menjaring 360 murid dari kelas 1 hingga kelas 3 dari 20 SD di Kota Kudus berkumpul untuk mengikuti acara ini di GOR Djarum, Jati, Kudus, Jawa Tengah.

Ketua Umum Pengkab PBSI Kudus, Yuni Kartika mengatakan sosialisasi olahraga bulu tangkis kepada murid-murid SD adalah sebuah tantangan besar karena mereka belum benar-benar serius dalam melakukan olahraga.

"Oleh karena itu, kami menyusun pengenalan bulu tangkis ini dengan memberikan pelatihan yang sederhana dan tidak membosankan melalui Festival SenengMinton 2024. Kami berharap, meskipun hanya berlangsung sehari, namun kegembiraannya dapat bertahan lama bagi para murid," ujar dia, Ahad 25 Februari 2024. 

Upaya untuk memperkenalkan dan menumbuhkan cinta terhadap bulu tangkis telah dimulai sejak Juni tahun sebelumnya. Pada saat itu, Pengkab PBSI Kudus mengadakan sesi coaching clinic untuk para guru SD dengan tujuan agar sekolah-sekolah tersebut membuka kegiatan ekstrakurikuler bulu tangkis bagi murid-murid.

"Ternyata antusiasmenya sangat tinggi. Oleh karena itu, kami menyelenggarakan SenengMinton 2024 sebagai festival dan kompetisi bagi murid-murid sekolah dasar agar semakin mencintai olahraga ini. Kudus merupakan salah satu kota yang melahirkan banyak pahlawan bulu tangkis seperti Liem Swie King, Eddy Hartono, Hastomo, dan Hariyanto Arbi, dan kami berharap, melalui kegiatan seperti ini, murid-murid SD tidak hanya mengenal bulu tangkis tetapi juga akan menjadi juara bulu tangkis baru dari kota ini," papar Yuni.

Dalam Festival SenengMinton 2024, para peserta akan mengikuti enam jenis perlombaan, yaitu Service to Target, Throwing the Shuttlecock, Juggling Shuttlecock, Drive Target, Netting Target Between Ropes, dan Shuttle Run Zig Zag. Setiap SD diwakili oleh satu tim yang terdiri dari tiga anggota yang harus terdiri dari laki-laki dan perempuan.

"Kami memilih menggunakan tim karena kami ingin peserta juga dapat membangun kerjasama," jelas Yuni. Para pemenang dalam setiap lomba akan mendapatkan piala, piagam, dan hadiah dari sponsor seperti alat tulis dari KENKO, es krim Aice, dan susu dari MilkLife.

Perwakilan Bakti Olahraga Djarum Foundation, Budi Darmawan, menyambut baik diselenggarakannya Festival SenengMinton 2024. Strategi Pengkab PBSI Kudus dalam memperkenalkan dan mempopulerkan bulu tangkis di Kota Kudus ini diharapkan juga dapat menjadi pemicu lahirnya bakat-bakat baru di dunia bulu tangkis di masa depan.

"Festival SenengMinton merupakan strategi untuk memasyarakatkan bulu tangkis kepada usia dini secara terstruktur dengan melibatkan para guru sekolah, dengan cara yang sistematis melalui berbagai permainan yang mendorong cinta terhadap bulu tangkis dan melibatkan banyak peserta. Hal ini penting untuk menjaga regenerasi bulu tangkis yang bertujuan melahirkan bakat-bakat yang bisa menjadi pahlawan bulu tangkis bagi Indonesia di masa depan," ungkap Budi.

Aice Group juga memberikan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan Festival SenengMinton 2024. Festival bulu tangkis ini, yang ditujukan untuk murid-murid sekolah dasar, sesuai dengan visi Aice dalam membawa kebahagiaan melalui produk-produk yang dipersembahkan kepada masyarakat Indonesia.

Senior Brand Manager dan juru bicara Aice Group, Sylvana Zhong, menyatakan, "Salah satu kunci dari perkembangan olahraga adalah mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, dan Aice sangat memahami hal tersebut. Dukungan ini sejalan dengan komitmen kami untuk menciptakan kebahagiaan melalui produk yang kami sajikan, serta memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, terutama dalam mendukung acara dan inisiatif olahraga. Sebagai bagian dari misi Aice untuk mendorong gaya hidup sehat dan aktif di kalangan generasi muda, kami berharap bahwa dukungan kami dapat mendorong lahirnya bakat-bakat muda bulu tangkis yang siap mengharumkan nama Indonesia di tingkat internasional."

Dukungan penuh juga datang dari KENKO. Sebagai produsen alat dan perlengkapan tulis terkemuka di Indonesia, KENKO selalu berupaya untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi pelajar di Indonesia, baik secara akademis maupun dalam kegiatan positif lainnya, termasuk dalam olahraga.

"Melalui produk-produk berkualitas, KENKO berkomitmen mendukung prestasi pelajar di Indonesia, tidak hanya dalam hal akademis tetapi juga dalam kegiatan positif lainnya seperti olahraga. Oleh karena itu, kami sangat mendukung Festival SenengMinton 2024 yang diselenggarakan oleh Pengkab PBSI Kudus karena ini merupakan langkah nyata untuk meningkatkan prestasi para pelajar," ungkap Marketing Manager KENKO, Jameson Halim.

Farida Hikmawati, seorang guru dari MI NU Nurus Shofa Karangbener, berpendapat bahwa Festival SenengMinton adalah kegiatan olahraga yang tidak hanya sekadar menggerakkan tubuh, tetapi juga memungkinkan interaksi dengan keluarga dan teman-teman dari sekolah lain. Kegiatan ini sangat positif karena dapat menjauhkan murid dari kecanduan perangkat elektronik.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network