Ini Tantangan Pers di Era Digital Menurut Kominfo

Novie Fauziah
Menkominfo sebutkan tantangan pers di era digital.

JAKARTA, iNews.id  - "saat ini dunia pers tengah menghadapi berbagai tantangan di era digital". Hal itu dikatakan Johnny G. Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) saat mengisi webinar bersama Editor's Talk, Selasa (08/02/22).

Dikatakannya pula, Perkembangan digital disebut tidak hanya mencakup faktor eksternal yang berkaitan dengan kebebasan pers, akan tetapi juga diliputi faktor internal dari pers itu sendiri.

Johnny menjelaskan, yang perlu diperhatikan adalah bagaimana menegakkan jurnalisme yang berkualitas, baik secara industri maupun komersial.

"Ditambah lagi tuntutan pers yang harus beradaptasi dengan akselerasi teknologi informasi dan komunikasi, membuat pers mengalami kecanggungan," sampainya.

Kemudian, Johnny juga menyoroti kemunculan media-media baru dan fenomena media sosial yang lebih viral serta adanya berita hoaks yang menjadi tantangan besar pers.

Dengan adanya media sosial, ucap Johnny, membuat ruang lingkup pers juga harus mengikuti perkembangan yang ada.

Menurut survei Kominfo, pada 2021 menunjukkan masyarakat lebih tertarik dan mengakses informasi melalui media sosial dibanding media mainstream. Hal ini diduga dipengaruhi adanya konten-konten yang semakin atraktif.

Meski demikian, Johnny menilai kualitas pers di masa kini ikut mengalami perubahan, yakni peningkatan menjadi ke arah yang lebih baik.

Berdasarkan Indeks Kebebasan Pers yang dirilis RSF (Reporters Without Borders) pada 2021, Indonesia menempati urutan ke-113 dari 180 negara atau meningkat signifikan dari urutan 139 pada 2013 silam.

Kemudian, indeks kemerdekaan pers Indonesia juga mencapai skor 76,02 pada 2021. Angka ini meningkat 0,75 dari tahun sebelumnya.

Editor : Achmad Fakhrudin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network